Search This Blog

logo socmed

Facebook  Twitter  Google+  Instagram  Youtube

Sunday, July 09, 2017

Mudahnya Menjual Preloved items di Carousell

Carousell - Sebagai wanita, pasti selalu kalap donk ya kalau ke counter kosmetik atau rak skincare di pusat perbelanjaan. Wanita mana yang nggak tergiur melihat warna lippen yang semakin kekinian, atau skincare yang katanya bisa mencerahkan. Saya pun ternyata begitu, hahaha. Terlebih lagi saya yang seorang "Beauty and Lifestyle Blogger" sering mendapatkan produk kosmetik dari produsennya langsung untuk di icip. Padahal saya bukan termasuk wanita yang setiap hari full make-up, tapi tetap saja koleksi lipstick lebih dari 20 buah dalam satu periode. 

Emang mau dipakai semua? Secara bibir hanya satu-satunya. Bisa sih mencampur warna-warninya lippen tapi paling banya hanya 4 warna yang senada. Tak hanya lipstick, tapi bedak, eye shadow, mascara, dan parfum pun begitu adanya. Maka dari itu saya kadang bingung mau dibuat apa nih koleksi kosmetik saya. Dibuang sayang, dikasih ke orang kok rasanya eman. Dasar pelit ;p 

Jadilah saya bermaksud menjual kosmetik preloved saya pada orang yang membutuhkan. Membutuhkan dalam arti memang benar-benar ingin membeli produk preloved saya dengan alasan tertentu. Untungnya ada website yang bisa sebagai perantara antara penjual preloved items dengan calon pembeli, yaitu Carousell.com. Sudah pada tau belum? 

Jadi, Carousell.com ini adalah website yang dapat membantu saya untuk menjual barang-barang preloved laik jual. Items yang ingin dijual harus di upoload gambarnya dan diberikan keterangan tentang kondisi yang sebenarnya agar calon pembeli tidak terkecoh dengan barang yang akan dibelinya. Aplikasi dari website ini juga tersedia di Playstore untuk penguna Android dan App Store untuk pengguna IOS. Untuk aplikasi PC, bisa download di https://id.carousell.com/app 



Karena saya lebih dekat dengan Android daripada PC, maka saya pun segera download aplikasi Carousell di Playstore. Ketik Carousell pada kolom search, maka aplikasi Carousell ini siap di download

Langkah awal dalam proses menjual adalah, Sign Up! Seperti aplikasi pada umumnya, pada awal halaman ada tombol untuk Sign Up dan Log In. Setelah klik tombol Sign Up, maka akan muncul formulir data yang harus diisi, seperti alamat alamat email, username dan password. Serta jangan lupa siapkan nomor ponsel yang aktif untuk memverifikasi data yang telah diisikan. 



Lalu, jika sudah verifikasi by email ataupun ponsel, selanjutnya adalah mengisi data seperti Nama, kota, dan foto profil penjual. Agar semakin meyakinkan, saya memasukkan foto profil yang kece donk, hehehe.. 



Jika telah tersimpan, saatnya menjual!

Untuk menggunakan aplikasi yang dominan warna merah ini juga mudah banget. Tinggal klik tombol sell pada bagian bawah halaman yang langsung mengarahkan ke formulir penjualan. Di formulir ini saya akan memasukkan nama produk yang sakan saya jual, harga, mengambil gambar ataupun meng-upload gambar, serta menjelaskan kondisi dari preloved items secara terkini. Jika sudah lengkap, tinggal klik List My Item yang terdapat dibagian bawah formulir. 






Sebagai penjual saya juga dapat menetapkan bagaimana cara distribusi barang, apakah dikirim via ekspedisi atau bertemu langsung dengan calon pembeli. Ohya, aplikasi Carousell yang tersedia di Playstore ini juga sangat memudahkan saya untuk mengontrol preloved items yang dilirik oleh calon pembeli. Sekalian promosi, follow akun Carousell saya ya di https://carousell.com/ameltami/. Siapa tau tertarik dengan preloved items yang saya upload, hihihi. 


Saya sudah menjual preloved items hingga 7 items dalam sehari. Saya tinggal menunggu dentingan notifikasi apakah ada pembeli yang tertarik dengan bertanya via chatting atau calon pembeli yang menawar harga. Iya, di Carousell harga yang saya tetapkan masih bisa di nego kok, hehehe.

Produk preloved yang saya jual juga laris banget. Banyak yang demen dengan barang preloved berkualitas sih ya. Daripada beli baru tapi mahal mending preloved tapi berkualitas. Jual belinya ya di Carousell donk, hehehe.. Kalau sudah terjual, saya langsung menandai barang preloved tersebut dengan notifikasi SOLD, agar tidak ada yang menawar barang tersebut lagi. Caranya mudah, tinggal edit iklan lalu tandai sudah terjual.







Tidak hanya kosmetik yang dapat dijual di Carousell. Banyak banget kategori produk preloved yang bisa dijual seperti gadget, fashion, buku, makanan, tiket, mainan, furnitures, bahkan motor dan mobil. Saking lengkapnya, saya pun bisa sekalian membeli barang preloved yang saya butuhkan dari seller lain. Simbiosis mutualisme banget ya kan. 


Jadi, kalau ada yang memiliki barang yang tidak terpakai yang masih laik jual jangan banyak mikir dan membiarkan preloved items menumpuk dirumah. Jual di Carousell aja. Ohya jangan lupa mampir di toko saya ya dan tunggu update produk preloved saya selanjutnya.





8 comments:

  1. Aku pernah kepikiran buat jual barang-barang preloved begini dari dulu tapi itemnya kayak pakaian gitu. Kalo kosmetik kebanyakan aku hibahkan ke adik-adik aja :D.

    ReplyDelete
  2. saya baru tahu ttg caroussel ini :)

    ReplyDelete
  3. Aku ketagihan sama apps ini jadinya. Selain beli-beli barang preloved dari sini, jual-jual barang di Carousell juga mudah dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  4. di carousell jual jdoh juga ngga? wkwkw XD
    enak banget ya kalo ada aplikasi yang bisa nampung semua barang yang ngga kepake gini, ngga penuh2in lemari jadinya, bisa langsung dijual :D

    ReplyDelete
  5. Wuih baru taulah, dripada mahal mending beli preloved aja yakan. lebih murah pasti.

    ReplyDelete
  6. sempet download dulu, bagusnya cod sih karena transfer langsung ke penjual :)

    ReplyDelete
  7. bener mbak, emang carousell itu aplikasi yg bagus, saya juga pakai buat jual barang2 mantan eeeeeh wkwkkw

    ReplyDelete