Search This Blog

logo socmed

Facebook  Twitter  Google+  Instagram  Youtube

Friday, May 27, 2016

BNI Tapenas - Review

Sejak menjadi nasabah BNI per Juli 2015 lalu, saya sangat sering ditawari untuk membuka berbagai pilihan produk BNI yang bermacam-macam. Mulai dari deposito, kartu kredit, asuransi hingga tabungan pensiun. Tapi ada satu produk yang menarik perhatian saya yaitu BNI Tapenas.




BNI Tapenas adalah Tabungan Perencanaan Masa Depan, mekanismenya mirip seperti tabungan berjangka yang sedikit memaksa saya untuk dapat menabung. Karena tabungan ini akan mendebet otomatis dana yang ada ditabungan Taplus sebagai rekeninh utama setelah disetujui oleh nasabah. Jadi, bagi nasabah yang ingin menabung dengan teratur dan terjadwal dapat menggunakan fasilitas BNI Tapenas ini. Bunga yang ditawarkan sebesar 4% pertahun, lebih besar dari rekening Taplus 0.90% pertahun.

Syarat membuka rekening Tapenas adalah, sudah memiliki rekening Taplus BNI dan mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh BNI dan tentu saja siapkan materai Rp. 6000. Mengapa harus memiliki rekening Taplus? Karena dari rekening Taplus lah dana akan didebet secara otomatis. Jadi nasabah tidak perlu repot-repot untuk setor via Teller atau dari ATM. Cukup sediakan dana minimal sejumlah nilai setoran nasabah di rekening BNI Taplus sebelum tanggal 5 ditiap bulannya, maka dana tersebut akan otomatis masuk ke rekening Tapenas. Rekening Tapenas ini juga memiliki buku tabungan yang dapat dicetak, sehingga nasabah dapat memantau aliran dana yang sudah tersetor.


Nasabah pun dapat memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan, minimal 2 tahun dan maksimal 18 tahun, dan dapat menambah jangka waktu apabila sudah mendekati jatuh tempo tetapi masih ingin melanjutkan menabung di rekening Tapenasnya. Apabila tidak ingin melanjutkan, maka dana yang sudah terakumulasi itu akan ditransfer otomatis ke rekening Taplus nasabah dan bebas digunakan sesuai kebutuhan awal.

Dana yang akan disetorkan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dimulai dari Rp. 100.000 perbulan hingga Rp. 5.000.000 perbulan dengan kelipatan Rp. 50.000. Apabila ditengah jalan nasabah ingin menambah setoran dana misalnya dari Rp. 100.000 ke Rp. 150.000 perbulan, tentu saja bisa! Tapi kalau dikurangi nggak bisa ya :D Dana yang sudah disetorkan, tidak dapat ditarik sebelum waktu jatuh tempo (atau mendapatkan penalty sebesar 1% dari total saldo). Rekening Tapenas juga bebas menambah dana diluar dana setoran tiap bulan, dengan menyetor langsung melalui Teller ke rekening Tapenas nasabah (dana tambahan ini bebas ditarik maksimal 1x pertahun). Diharapkan dana selalu terjaga ditabungan Taplus agar tidak terjadi gagal debet. Apabila terjadi gagal debet selama tiga kali berturut-turut, maka rekening Tapenas akan ditutup otomatis oleh sistem dan dana yang sudah terakumulasi pun akan ditransfer otomatis ke rekening Taplus (rekening utama) nasabah dengan konsekuensi penalty.

Manfaat membuka rekening Tapenas ini, tentu saja agar dana dimasa depan dapat direncanakan. Misalnya untuk biaya pendidikan anak, biaya traveling, atau untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menabung. Bagi saya sendiri agar tabungan saya lebih banyak daripada kegiatan hedonism yang tak tentu arah.


Saya mulai membuka Tapenas mulai dari bulan Oktober 2015 dengan limit minimal, hanya Rp. 100.000 perbulan dengan jangka waktu minimal pula, selama 2 tahun. Jadi dari sisa-sisa pendapatan masih saya sisihkan Rp. 100.000 untuk menabung secara teratur dan terjadwal. Hingga akhirnya dibulan April 2016 saya menaikkan jumlah setoran menjadi Rp. xxx.xxx karena ternyata Rp. 100.000 tidak cukup membuat kegiatan makan-makan diluar rumah saya menjadi berkurang :|




---
Cara mendaftar BNI Tapenas

  • Siapkan KTP dan NPWP, serta untuk jaga-jaga siapkan juga Kartu Keluarga yang asli.
  • Jika sudah memiliki Taplus, bawa juga buku tabungannya.
  • Siapkan Materai Rp.6.000. Atau jika terlupa pun dari Bank BNI juga menyiapkan materai, nasabah tinggal bayar biayanya saja.
  • Datang ke kantor pusat atau kantor cabang BNI terdekat dari  rumah, nanti akan disapa oleh security yang akan menanyakan ada keperluan apa. Katakan saja, mau membuka rekening Tapenas (jika sudah ada rekening Taplus) atau akan membuka rekening Taplus (jika belum memiliki Taplus).
  • Nanti akan diarahkan ke CS. Kalau tidak mau menunggu lama sebaiknya datang pagi-pagi sekitar jam 8, masih sepi ~
  • Setelah bertemu CS dan mengatakan maksud dan tujuan, nanti akan diarahkan untuk mengisi formulir yang berisi ; data diri, jangka waktu dan saldo yang akan didebet serta rekening Taplus yang akan didebet otomatis.
  • Pembukaan rekening dengan saldo awal Rp. 100.000. CS akan bertanya apakah akan menyetor dana tunai atau dipindah bukukan dari rekening Taplus. Saat itu saya memilih memindahbukukan karena tidak membawa uang cash :|
  • Jika sudah selesai, CS akan mengarahkan nasabah ke Teller untuk menyetor saldo awal sebesar Rp. 100.000, dan taraa, rekening Tapenas dan buku tabungannya sudah dimiliki, dan mulai tanggal 5 setiap bulan akan didebet otomatis :)



Sejak memiliki rekening Tapenas, saya jadi tidak perlu repot memikirkan harus setor tunai ke bank atau transfer dana ke rekening lain yang tanpa ATM untuk menabung. Cukup menjaga dana di tabungan Taplus dan setiap tanggal 5 dana tersebut sudah berpindah ke rekening Tapenas. Saya anggap uang ilang :D Waktu juga sangat tidak terasa, sudah hampir 9 bulan sejak saya menabung pertama kali. Kegiatan menabung menjadi sangat menyenangkan dan terjadwal. Dan saya juga agak sureprise dana yang biasanya saya gunakan untuk kegiatan menyenangkan diri tiap bulannya, bisa terakumulasi sebanyak itu jika memang ditabung secara teratur.

Biaya-biaya
  • Biaya administrasi Rp. 18.000/tahun
  • Saldo awal Rp. 100.000
  • Biaya gagal autodebet Rp. 0
  • Biaya penutupan rekening Rp. 0
  • Biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo : 1% dari saldo akhir, minimal Rp. 100.000
  • Pajak bunga 20% dari bunga yang dibayarkan

9 comments:

  1. Halo kak amel, aku juga nasabah BNI ini. Tapi baru tau untuk apa Tapenas ini, hehe mungkin karena aku udah jarang nabung kali yak, jadi ga pernah ditawari :')
    Ohiya kak, Tapenas ini bisa ga dipake bersama untuk dua orang nasabah? Misalnya pasangan suami istri yang ingin menabung di satu tapenas yang sama. Kalo bisa, bagus juga nih untuk rencana tabungan masa depan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bang, Tapenas nggak bisa dipakai bersama 2 Taplus untuk 1 Tapenas, tapi 1 Taplus bisa untuk 2 Tapenas.. Gitu setau aku bang, hehehe.. Ajak aja kakak itu untuk buka tapenasnya juga, jadi masing2 ada rekeningnya hehehe

      Delete
  2. Hallo Ka Amel.. Kak, kalo gk salah BNI Tapenas untuk proses pembukaannya bisa melalui Internet Banking BNI juga ya? Perbedaannya apa Kak? Terus apakah dapat Buku Tabungan Tapenas nya juga kalo prosesnya melalui Internet Banking?

    Terimakasih sebelumnya Kak Amel...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau buka rekening dari Inet Banking saya ngga tau infonya :)

      Delete
  3. Assalamualaikum kak amel, maksudnya pajak 20% atas bunga yang dibayarkan itu gimana ya kak? makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  4. hai kak , aku mau nanya , kalo misalnya dalam satu bulan kita tidak memiliki saldo untuk bisa melakukan auto debit ke tapenas, apa total uang tabungan yg sudah ada di tapenas akan di tf secara otomatis ke tabungan kita ? itu jika kita tidak melakukan auto debit brapa kali yah ? trims

    ReplyDelete
  5. Iya aku juga punya 2 BNI TAPENAS HAHA,minimal 1 tahun dan senilai 100ribu stp tgal lima, otmaymtis debet, ak ambil yg 1 tahun karena wktu itu masih mncoba. Dan ini mau jatuh tempo jd sbntr lagi akan cari lumayanlah untuk tabungan sebulan 100 ribu.pertahun 5%.ak mulai septmber wktu tu ya smpe bulan oktober tahun berikutnya bru cair. Dan ak bikin tapenas lagi yg perbulanya 200 ribu dg jangka waktu 1 tahun saja tp ingat jaga saldo rekening bni taplusmu yak jgn smpe 3 bulan berturut2 tdk ada saldonya untuk penarikan debit dr BNI nnti bsa hangus... kalau bulan prtma kamu nunggang krena sblm tgal 5 tdk ada saldo di bni taplusmu nnti bulan ke dua diambil double blan sblmnya dan blan skg tp jgn smpe 3 kali hehe.ak,juga punya BNI SIMPONI loh, yg jtuh temponya bisa diambil stlah usia 45 tahun, minimal perbulan 50 ribu setoranya tetapi ak ambil yg seratus 100 perbulan untk BNI SIMPONInya...itu 50% deposito,pasar uang,dan obligasi.lumayan d4 info yg aku dapat BNI SIMPONI mudah dicairkan. Punya dana pensiunan gak harus PNS. Saya juga ibu rumah tangga hehe...



    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba mau tanya,,kalau mau mencairkan tabungan di tapenas, tapi blum jatuh tempo,karena ada kebutuhan mendadak, gimana ya caranya & brapa potongannya..?

      Delete
    2. Maaf mba mau tanya,, kalau mau mencairkan dana di bni tapenas tapi blum jatuh tempo, karena ada kepentingan mendadak,, gimana ya caranya & berapa potongannya..?

      Delete