Search This Blog

logo socmed

Facebook  Twitter  Google+  Instagram  Youtube

Saturday, October 03, 2015

Cara Pendaftaran Autodebit Iuran BPJS Kesehatan dari Bank BNI

Melakukan pembayaran iuran BPJS dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan pembayaran setor tunai melalui Teller di bank pemerintah (BNI, Mandiri dan BRI), melalui ATM, dan melalui auto debit. Bagi peserta lama yang tidak punya waktu untuk datang ke bank dan menyetor sejumlah uang yang sama setiap bulannya melalui teller atau via ATM, ada baiknya menggunakan fasilitas auto debit oleh bank yang bekerja sama. 

Tapi, mulai dari beberapa bulan yang lalu apabila akan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS kesehatan mandiri maka wajib melakukan pembayaran via auto debit, mungkin agar tidak terjadi tunggakan karena faktor lupa, malas dan tidak mengerti dengan sistem pembayaran dan berakibat tidak bisa digunakannya fasilitas kesehatan dari BPJS Kesehatan itu sendiri. Setelah mendaftarkan auto debit lalu akan diberikan surat untuk pengambilan kartu BPJS dan akan aktif 14 hari kemudian.

Cara untuk mendaftarkan Auto Debit pembayaran BPJS Kesehatan dari Bank BNI

Syarat wajib yang diperlukan untuk mendaftar Auto debit adalah sbb;
1. Kartu Keluarga asli 
2. Nomor Kepersertaan BPJS Kesehatan
3. Alamat email yang aktif
4. Rekening Bank BNI yang aktif. dibuktikan dengan BUKU TABUNGAN
5. KTP Asli pemilik rekening BNI

Tinggal datang ke Bank BNI dan menuju customer service dan nanti pihak customer sevice akan memberikan formulir dan harus diisi. Setelah selesai mengisi data yang diperlukan maka formulir tersebut akan dicopy dan dilegalisir oleh pihak customer service. Bagi peserta lama yang sudah mendapatkan kartu BPJS Kesehatannya, formulir legalisir tersebut menjadi pertinggal untuk peserta. Tapi bagi peserta baru, maka formulir legalisir tersebut diantarkan ke kantor BPJS dimana peserta mendaftar dan ditukarkan dengan kartu kepersertaan BPJS Kesehatan yang dapat digunakan 14 hari setelah diberikan.

Biaya-Biaya
1. Biaya Rp. 2.500/perserta/bulan yang mendaftarakan auto debit dari bank BNI. Jadi apabila dalam satu kartu keluarga ada 4 orang yang didaftarkan fasilitas pembayaran auto debit dari Bank BNI, maka akan dikenakan biaya Rp. 2.500 x 4 peserta = Rp. 10.000/bulan yang dipotong dari saldo rekening BNI yang didaftarkan (Biaya administrasi fasilitas auto debet perbulan)

Setiap akhir bulan, peserta BPJS Kesehatan yang telah mendaftarkan fasilitas auto debit dari Bank BNI akan didebit uang dari rekening BNI aktifnya dan otomatis akan terbayarkan BPJS Kesehatannya. Cara yang cukup mudah dan simple tanpa harus takut lupa membayar dan berujung pada tersendatnya fasilitas kesehatan yang seharusnya didapatkan. Tapi pastikan saldo di rekening mencukupi untuk dilakukan auto debit oleh sistem Bank BNI ya..






No comments:

Post a Comment