Smartfren 4G LTE Hadir di Medan #4GinMedan

  • Thursday, December 08, 2016
  • By Amelia Pratami
  • 11 Comments

Pada tanggal 19 November lalu, saya dan beberapa sobat blogger di Medan menghadiri acara mini gathering bareng Smartfren di The Bhineka Society, jalan Babura Lama, Medan. Acara yang dihelat Smartfren ini terasa sangat santai dan tidak terlalu formal. Pukul 11.00 saya sudah hadir di lokasi acara dan bertemu dengan beberapa wajah yang sudah tak asing bagi saya :)

Ketika para blogger sudah berkumpul, kami dipersilahkan untuk menikmati sajian makan siang yang sudah dipersiapkan. Saya yang memang belum makan pada siang hari itu sangat bersemangat untuk mencicipi makanan yang dari penyajiannya saja sudah terlihat lezat.






Sumber : http://twitter.com/smartfrenworld


Setelah menikmati makan siang, para blogger yang hadir dipersilahkan duduk santai dan acara mini gathering pun dibuka oleh mas Fikri Hidayat Rangkuti. Selanjutnya kata sambutan oleh mas Jefri selaku Regional Marketing Smartfren. Pada kesempatan ini, Smartfen ingin mengenalkan jaringan terbaru mereka yaitu 4G LTE yang ternyata sudah ada di Medan.

Sumber : http://twitter.com/smartfrenworld



Lalu, apasih 4G ? 

4G adalah generasi ke 4 dari sebuah jaringan telepon yang tidak memiliki perubahan bentuk dari perangkat 3G, tapi memiliki perbedaan kecepatan yang cukup significant. Jika pada 3G kecepatan maksimal 14,7mbps. pada jaringan 4G maka kecepatan semakin cepat dan stabil, pada kecepatan maksimal 255mbps. Sayangnya, Indonesia termasuk terlambat dalam menyajikan jaringan 4G bagi penggunanya, karena di negara maju lainnya, jaringan 5G sudah dapat dinikmati. Walaupun demikian, Smartfren tetap menyajikan jaringan 4G terbaik dengan memiliki banyak tower pendukung.

Kemudian, mas Yuditia Hendrawarman selaku Senior Manager Digital Marketing Section Head dari Smartfren menyampaikan jaringan 4G dari Smartfren sangat mendukung kegiatan blogging dari para blogger di Medan yang saat ini membutuhkan kecepatan data dan kestabilan jaringan. Oleh karena kebutuhan tersebut, seluruh area Sumatera bagian Utara sudah tercover jaringan 4G. Karena pada masa sekarang, kekurangan pulsa sudah bukan menjadi suatu masalah, tapi jika jaringan internet lambat sedikit saja, akan menghambat aktifitas yang sedang dikerjakan. Menariknya lagi, jaringan 4G dari Smartfren juga sudah dapat digunakan hingga ke luar negeri.

Lalu bagaimana dengan pengguna Smartfren yang ponselnya belum mendukung jaringan 4G? Segera datang ke Gallery Smartfren terdekat untuk melakukan migrasi ke jaringan 4G dan mendapatan promo-promo menarik. Seperti promo membeli data internet gratis perangkat 4G. Ohya, Smartfren pun sudah meng-claim bahwa jaringan CDMA yang selama ini menempel pada produk Smartfren, sudah tidak berlaku lagi.


Selanjutnya, mas Gilang Pamenan menunjukkan bagaimana sih membuat ponsel Andromax 4G yang diproduksi oleh Smartfren? Ternyata membuat ponsel pintar seperti Andromax ini mengasyikkan loh..


1, Ide dan research
-Pada bagian ini, para tim dari Smartfren melakukan research tentang seperti apa kebutuhan ponsel masa kini oleh para penguna. Misalnya seperti kamera yang mendukung aktifitas selfie, RAM yang besar, layar yang luas, dan lainnya.

2. Gandeng partner
-Lalu, jika sudah menemukan spesifikasi atas produk yang akan diproduksi, pihak Smartfren akan menggandeng partner dalam memproduksi ponsel tersebut. Dan partner yang terpilih akan memproduksi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Smartfren

3. Device testing dari pihak internal dan eksternal
-Produk yang telah diproduksi akan di test sesuai dengan standard yang telah ditetapkan. Pengetesan ini dilakukan oleh pihak internal dari smartfren dan juga melibatkan pihak eksternal.

4. Goverment regulation process
-Jika  ponsel sudah memenuhi standard yang ditetapkan, maka dilakukanlah pendaftaran frekuensi dan regulasi lainnya kepada pemerintahan Indonesia agar dapat diperjual belikan dan digunakan didalam negeri.

5. Product review dari pengguna
-Produk yang hampir matang ini di bagikan ke berbagai pihak yang terpiih  untuk di uji coba dan mendapatkan feedback dari para pengguna.

6. Marketing communication plan
-Yaitu strategi pemasaran atas produk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan Smartfren.

7. Local assembly production
-Tim Smartfren menguji coba sekali lagi ponsel yang telah diproduksi tersebut agar sesuai dengan standard operational procedure yang telah ditetapkan.

8. Shipping
-Produk Smartfren 4G yang telah sesuai SOP tersebut dikirim ke distributor untuk dipasarkan ke masyarakat luas.

9. Launching
-Saatnya launching perdana produk Smartfren 4G!

Ohya, seluruh proses tersebut dapat memakan waktu hingga setahun lamanya. Hal ini tentu saja agar menjamin bahwa produk yang dihasilkan laik untuk dimiliki dan bersaing di pasar bebas hehehe.

Acara yang cukup santai tapi memberikan banyak pengetahuan ini pun berakhir pada pukul 14.00 wib. Dan untuk dapat merasakan kecepatan jaringan 4G LTE dari Smartfren, para blogger yang hadir dihadiahi sebuah MiFi Smartfren Andromax M3Z yang terbaru. Yeay!!

Cheese with 4G LTE Smartfren




MiFi Andromax M3Z sudah saya gunakan dan video unboxing nya sudah ada di channel Youtube saya loh :D


Review singkat dari Andromax M3Z ini, adalah baterai yang awet bahkan hingga 24 jam tanpa charging. Pun jaringannya yang anti putus dan anti buffering. Pada kesempatan berikutnya akan saya tulis terpisah ya mengenai user experience dari Andromax M3Z ini. Yan pasti saya sangat terbantu dengan jaringannya yang super stabil dan baterainya yang awet dalam satu kali charging.








You Might Also Like

11 comments

  1. Aku malah fokus ke foto-fotonya, Mel. Hahahaha. Tapi MiFi Andromax M3Z nya memang kece, ya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kece kak, batrenya ampun tahan sampe 24jam :D

      Delete
  2. Aku punya modem smartfren juga, biasanya aku pakai kalau keluar rmh, sejauh ini lancar aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lancar bgt nih modem smartfrennya mba :D batrenya awet pula

      Delete
  3. akuu pake mifi andromax tapi yang M2Y dan ituu udah puasss banget XD
    M3Z ni batrenya lebih tahan lama kan ya? hihi duuh dua jempol deh utk smartfren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku krg tau mba kalo yg M3Y gimana batrenya. Tp kalo yg M3Z duhhh seharian ga usah takut lobet :D

      Delete
  4. ehhh, ternyata kak amel cadelll, ahahha, aku nonton videonya sampe habiss lho, itu editing pakai aplikasi apa? terus merekam pakai kamera apa? pengen juga buat yg beginian.

    Nampaknya dari tampilan, router ini premium. cakep juga desainnya. pengen beliiii, tapi skrng masih pakai modem merk B.

    Waaahhh, harusnya aku ikut acara beginiann T_T. dapat freee, ga perlu ngapai2in...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku gabisa bilang huruf R :'( makasih looh sabda udh nonton sampai habis :D

      Editnya pake corel studio x6, cameranya canon m10 sab..

      Heheheheheh :p

      Delete
  5. Andromax nya lancar dipakai.
    Saya suka pakai dan ini andromax kedua saya setelah dapat free di event kemaren.
    Gathering begini bagus ya kan kak untuk mempererat silaturahmi sesama blogger.
    Semoga ke depan sering diundang lagi.hihi

    ReplyDelete
  6. Numpang tanya nih
    Kira2 untuk seputaran medan tembung lancar ga ya

    ReplyDelete