Search This Blog

logo socmed

Facebook  Twitter  Google+  Instagram  Youtube

Thursday, September 29, 2016

ASUS ROG G752 - Notebook Gaming yang Mumpuni

Seperti yang diketahui bahwa Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, maka Windows 10 sebagai sistem operasi teranyar saat ini pertama kali diperkenalkan pada bulan April 2014. Sistem operasi ini hanya compatible dengan PC ataupun notebook yang memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Processor : 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
  • RAM : 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
  • Hard disk space : 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
  • Graphics card : DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display : 1024×600

Bagi gamers, bermain game dengan nyaman tanpa lag adalah surga dunia kali ya. Maka dari itu Windows 10 merupakan sistem operasi yang paling pas bagi penikmat games karena Windows 10 sudah dibenamkan DirectX 12 yang secara eksklusif hanya ada di Windows 10. Lalu apasih DirectX 12? Secara garis besar DirectX 12 dapat memaksimalkan pemanfaatan prosesor multi core untuk bekerja secara simultan, sehingga peforma game akan lebih baik.

Lalu, system operasi Windows 10 yang ciamik tersebut akan semakin memanjakan para game enthusiast bila disandingkan dengan prosesor Intel i7 generasi ke 6.

Di Indonesia saat ini prosesor Intel  i7 generasi ke 6 merupakan prosesor terbaik yang dapat dimiliki oleh pengguna dalam negeri. Dalam Intel Core generasi ke-6 ini, Intel menyuguhkan kecepatan super kilat dibalut dengan fitur keamanan, produktivitas, kreativitas dan game 3D yang memukau. Maka dari itu perpaduan sempurna antara Windows 10 dan prosesor i7 generasi ke 6 ini akan menjadi produk yang sangat diminati oleh gamers di Indonesia. Salah satu produsen yang mengaminkan keinginan para gamers tersebut adalah ASUS. 

Siapa yang tak kenal brand Asus? Perusahaan asal Taiwan ini semakin berkembang dengan pesat dalam beberapa waktu terakhir dan semakin bertumbuh menghasilkan produk-produk innovative dari hampir dalam setiap kategori teknologi informasi. Sebut saja yang paling terlaris adalah produk smartphone, notebook, tablet, serta yang lainnya. Salah satunya produk yang baru saja dirilis yaitu Notebook yang sudah ditunggu-tunggu oleh gamers. Dilengkapi dengan sokongan teknologi chip grafis terbaru yakni Nvidia GTX 1000 series, perangkat gaming portable tersebut adalah ASUS ROG G752VS.







Bagi gamers, komponen yang paling penting dalam sebuah perangkat untuk bermain games Prosesor, VGA (Graphic Card), RAM, Storage (Hard disk dan SSD), Optical drive, ukuran dan resolusi layar, anti panas, daya tahan baterai dan Casing yang mumpuni. Hal tersebut menjadi sangat diperlukan agar gamers dapat bermain dengan lancar tanpa kendala.

Keseluruhan dari komponen yang paling penting tersebut ternyata dikabulkan oleh ASUS ROG G752VS.




Processor
Prosesor adalah salah satu komponen yang paling utama dari rangkaian komputer, tanpa prosesor maka komputer tidak akan berjalan.  Pada umumnya fungsi prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau diinput, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. Nah, pada notebook khusus gaming besutan ASUS terbaru yaitu ASUS ROG G75,  prosesor yang digunakan adalah Intel generasi ke-6 core i7-6820HK yang merupakan prosesor versi unlock sehingga dapat di overclock performanya. Processor yang telah diunlock memungkinkan penggunanya untuk mengoverclock hingga 4.0 GHz.


VGA (Kartu Grafis)
Kartu grafis adalah salah satu komponen yang menghasilkan grafik dan gambar lebih cepat dalam sebuah komputer. Sebuah kartu grafis memiliki prosesor sendiri, unit GPU atau pengolahan grafis. Kartu video terhubung ke motherboard dan monitor. Hal ini memungkinkan kartu untuk menerima informasi dari CPU dan mengirim output ke monitor. G752VS juga memiliki kartu grafis terbaru yaitu NVIDIA GeForce GTX 1070 GPU yang merupakan teknologi VGA untuk kelas desktop.


RAM
ASUS ROG G752 memiliki RAM DDR4 sebesar 64GB, yang mampu di overclock hingga kecepatan 2400 MHz.



Storage
Apa yang paling menyebalkan dalam bermain game? Bagi saya pribadi yaitu tidak adanya memory penyimpanan yang cukup sehingga game yang sudah dimainkan harus diulang dengan berat hati. Tapi tenang saja bagi game enthusiast, ASUS ROG G752 akan memanjakan penggunanya dengan penyimpanan hingga mencapai 2TB yang terdiri dari storage berjenis HDD berukuran 1TB dan 2 storage lainnya berjenis SSD berukuran 512GB. Dengan menggunakan SSD pun membuat sistem akan mampu berjalan lebih lancar dan cepat. Tentu saja dengan storage sebesar itu dapat menyimpan banyak games dari yang memiliki memory rendah hingga berat.

Layar
Dalam memainkan game tentu saja kualitas layar menjadi perhatian utama para gamers. Karena layar merupakan output dari seluruh komponen yang telah terpadu. Tentu saja layar yang besar dengan resolusi yang baik menjadi pilihan bagi para gamers. ASUS ROG G752 pun menawarkan seluruh kenyamanan tersebut. Sebut saja  layarnya menggunakan panel IPS berukuran 17,3 inci dan resolusi yang mencapai Ultra HD atau 4K yang telah dilengkapi dengan teknologi G-SYNC, yang  akan mensinkronisasi refresh rate display dengan GPU, menghilangkan screen tearing dan meminimalisir lagging yang nantinya akan membuat tampilan tampak instan. Objek terlihat lebih tajam dan gamers pun dapat bermain dengan lancar.




Anti panas
Suhu panas dalam sebuah alat untuk bermain game adalah momok tersendiri bagi gamers. Apalagi jika permainan yang dimainkan cukup berat, suhu panas dalam sebuah notebook mematahkan semangat bermain dari gamers. Tapi jangan khawatir jika para game enthusiast bermain dengan Notebook ASUS ROG G752. Sistem pendinginan pada ROG G752 dirancang menggunakan teknologi dual copper  yaiu menggunakan dua kipas dan pendinginan berbahan tembaga untuk menjaga suhu tetap rendah, bahkan selama sesi overclocking demi menjamin stabilitas dan dibenamkannya 3D Vapor Pipe Chamber untuk mengangkal panas. Tidak hanya itu, untuk membuang debu dan kotoran yang dapat menumpuk pada kipas  ASUS ROG G752 juga memiliki solusi manajemen panas bernama Anti Dust Thermal Tunnel sehingga tidak menempel pada heatpipe yang otomatis meningkatkan performa dari cooling sytem. So, bye bye panas :D


Keyboard
Bagi para gamers tanpa joystick, keyboard adalah satu-satunya alat yang digunakan untuk memainkan games. Dalam sekali waktu gamers dapat menekan keyboard hingga beberapa tombol agar permainan dapat berjalan dengan semestinya. Tapi jangan samakan keyboard unuk mengetik dengan keyboard khusus gaming. Karena keyboard untuk gaming memiliki peforma dan kinerja daripada keyboard biasa. Begitupun dengan Asus ROG G752 Pada keyboardnya, ASUS pun telah mendukungnya dengan fitur Anti Ghosting keyboard. Fitur tersebut memungkinkan para gamer menekan hingga 30 tombol pada waktu bersamaan tanpa mengalami gangguan. Dengan Backlid keyboard yang berwarna merah, semakin menunjukkan kesan macho :D



Optical Drive
Optical Drive perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memutar piringan data berbasis optik yang medianya berupa kepingan CD yang dapat menyimpan data. Perangkat keras ini juga salah satu yang penting apabila ingin menginstal game dari kepingan CD. Asus ROG G752 membenamkan Super-Multi DVD  yang bisa digunakan untuk membaca dan menulis di beberapa jenis kepingan seperti CD R, DVD R, DVD RW, sampai Blue ray.


Casing
Desain notebook ini mengusung rancangan Iron Man style yang otomatis menampilkan kesan gagah dan elegan dengan warna dominan silver. Untuk design memang terlihat tangguh karena menggunakan Alumunium design yang tidak akan pecah apabila terjatuh.



***


Dengan segala kelebihan dan spesifikasi yang mumpuni, anti lag serta anti panas, para gamers sudah pasti tidak akan kecewa jika bermain games kesayangan di notebook ASUS ROG G752 ini.


9 comments:

  1. Ini sih kayaknya kalo lagi bosen ngerjain kerjaan terus pengen ngegame yang makan memori cukup banyak juga laptopnya nggak akan ngehang yak.. *ngiler*

    ReplyDelete
  2. Bagus ya tampilannya. Futuristik banget. Dan baru tahu kalau ASUS itu asalnya dari Taiwan. Hehe. Berharap itu buatan Indonesia...

    ReplyDelete
  3. Ini merek yang aku pake skrg mbak Amel ASUS...dari review2 yang positive akhirnya milih ini...so far puas sih...:)

    ReplyDelete