Search This Blog

logo socmed

Facebook  Twitter  Google+  Instagram  Youtube

Saturday, April 22, 2017

Bijak Menggunakan Internet, Ayo Cerdaskan Bangsa

Di masa digital seperti ini, kehadiran internet bukan lagi sesuatu yang sulit dicari. Disetiap sudut kota pun jaringan internet dapat dengan mudah ditemukan. Tak hanya melalui perangkat komputer, dalam beberapa tahun terakhir sebuah smartphone juga sudah dapat memberikan informasi bagi penggunanya. Penggunanya tak hanya manusia dewasa, para bocah dibawah umur pun sudah diberikan akses untuk menjajal kemudahan berinternet oleh orang tuanya.

Internet yang seyogianya memberikan informasi teraktual dan ter-update, nyatanya lebih banyak menyebar isu-isu negative, seperti berita hoax dan konten dewasa. Isu-isu yang diangkat lebih banyak menyangkut tentang agama serta penganutnya. Politik merupakan biang kerok dari konten berisu agama yang beberapa tahun belakangan ini santer terdengar. Bahkan ada beberapa akun yang mengkhususkan untuk mengkambinghitamkan sebuah agama tertentu yang nyatanya dilindungi oleh kepentingan-kepentingan politik.

Begitupun dengan konten dewasa. Konten pornografi baik berupa video maupun foto-foto yang seharusnya tidak dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, nyatanya dapat dengan mudah dicari dan diunduh oleh anak-anak dibawah umur. Bahkan konten seperti ini dikemas dengan sentuhan animasi sehingga orang tua tidak awas dengan bacaan atau tontonan buah hatinya. Konten dewasa yang ditonton dan dibaca oleh anak-anak dibawah umur akan sangat menghancurkan mental dan mendewasakan mereka sebelum waktunya. Karena anak-anak adalah peniru yang baik, maka jangan salahkan mereka yang dewasa sebelum waktunya. 

Seharusnya, kehadiran internet yang saat ini di Indonesia sudah mencapai kecepatan 4 Generasi atau disingkat 4G, dapat memberikan impact yang baik bagi segala hal dan segala bidang. Impact yang dapat mencerdaskan bangsa, dan dapat menaikkan martabat bangsa bagi negara lain. Smarfren 4G merupakan salah satu penyedia layanan internet yang saat ini sudah menjangkau lebih dari 200 kota di Indonesia.

Internet cepat dari Smartfren 4G 100% mendukung para pengguna social media untuk melakukan campaign mencerdaskan bangsa dengan berbagi konten positive baik di blog maupun social media.

Misalnya dengan menggunggah konten yang bersifat informasi, seperti pesona pariwisata, keragaman kuliner, dan keindahan fashion dan lainnya.  Pariwisata dan  kuliner di Indonesia sebenarnya dapat bersaing dengan negara luar, tapi masih sedikit kekayaan alam dan warisan kuliner di Indonesia yang viral dan diketahui, bahkan oleh masyarakat sekitar. Maka dari itu seharusnya kita sebagai generasi muda dapat membantu mencerdaskan masyarakat dengan membantu mengunggah dan menyampaikan tentang potensi pariwisata dan kuliner di Indonesia.

Konten lainnya yang dapat diunggah, seperti tutorial yang saat ini sedang happening di jagad social media. Segala macam bentuk tutorial seperti make-up, resep, do it your self dan crafting dapat memberikan pelajaran yang baik meskipun dipelajari secara otodidak oleh penonton atau pembaca.

Bercerita tentang kisah pribadi yang dapat menginspirasi pembaca dan penonton juga merupakan salah satu cara mencerdaskan masyarakat. Saya dapat bercerita tentang bagaimana saya mulai menjadi seorang Blogger dan dapat meng-influence para pengikut akun social media dan pembaca blog saya agar terinspirasi dan dapat bergabung menjadi seorang Blogger.

Internet, meskipun kita dapat menemukan apapun didalamnya, tapi kita juga harus memilah dan memilih agar tidak terjerumus dengan hitamnya dunia yang memang sudah di konsep oleh orang yang tidak bertanggung jawab, yang kadang hanya memikirkan diri sendiri. Dengan penggunaan internet yang bijak, seorang content creator maupun viewers dapat mengantisipasi pembodohan bangsa, meskipun di dalam lingkaran kecil. 

No comments:

Post a Comment