Peduli Nutrisi Bunda dan si Kecil dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

  • Thursday, June 30, 2022
  • By Amelia Pratami
  • 0 Comments

Abira Miona Azzahra namanya kami berikan. Miona, anak perempuan kami lahir dimasa pandemi. Hari Jumat, 31 Juli 2020 adalah tanggal yang dipilihnya untuk lahir kedunia ini melalui caesarean section. Bayi mungil yang tangisannya sangat kuat saat lahir, alhamdulillah dalam keadaan sehat dan sempurna. Suatu kebahagiaan bagiku dan suami serta keluarga Miona hadir ditengah-tengah pandemi yang menakutkan.


Hamil saat pandemi merupakan pengalaman yang luar biasa. Aku harus extra berhati-hati menjaga kandunganku karena virus Covid-19 tak memandang bulu. Aku tak bisa leluasa untuk melakukan berbagai hal dalam mendukung kehamilanku, seperti kontrol kehamilan dan senam hamil. Aku harus menggunakan masker, mencuci tangan dan membawa hand-sanitizer kemana-mana agar terhindar dari paparan virus.

Hingga suatu hari jadwal kontrol kehamilanku sudah terlewat dan vitamin dari dokter juga sudah habis. Tapi kondisi pandemi mengharuskanku untuk stay di rumah. Melalui aplikasi chatting, dokter kandunganku memberikan resep supplement kehamilan yang harus aku konsumsi selama pandemi tanpa perlu mengunjungi dokter kandungan dalam beberapa saat. 

Dokter meresepkan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang memiliki kandungan lengkap 17 Nutrisi Esensial. Supplement ini membantu penuhi nutrisiku sehingga nantinya aku dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dapat dengan mudah aku beli di official store Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee.



Tujuh bulan lamanya aku mengonsumsi supplement Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selama kehamilan. Dengan harapan anakku dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna dan sebagai ikhtiar untuk mempersiapkan asi yang berkualitas bagi Miona.

Namun, ternyata menyusui tak semudah bayanganku. Karena lahir melalui operasi caesar, Miona tidak langsung diberikan kepadaku untuk melakukan IMD. Miona lalu dikenalan dengan dot dan susu formula oleh perawat sehingga Miona bingung puting saat aku susui dihari ketiga kelahirnnya. Padahal payudaraku sudah terasa penuh oleh air susu, sampai terasa nyeri saat tersentuh.

Miona menangis saat puting payudaraku didekatkan kemulutnya. Miona yang kehausan tidak mampu melekatkan mulutnya di puting payudaraku dengan sempurna. Dia terus menangis tanpa henti. 

Aku dan suami yang baru saja menjadi orangtua merasa sangat bingung. Berbagai posisi menyusui sudah aku terapkan tetapi Miona tetap rewel karena kehausan. Pun putingku sudah lecet dan berdarah-darah karena pelekatan Miona yang tidak sempurna. Akhirnya dengan terpaksa aku memberikan susu formula kembali, agar Miona tetap terhidrasi.


Hingga hari ke enam kelahirannya, payudaraku terasa sangat nyeri dan penuh. Seperti ada gumpalan didalam payudara yang membuat tubuhku terasa meriang. Tidak tahan dengan nyerinya, aku menghubungi konselor laktasi untuk meminta pertolongan. 

Tak lama, konselor laktasi datang kerumah dan memijat payudaraku. Beliau juga memberikan edukasi bagaimana menyusui bayi dengan benar dan nyaman. Namun tetap saja Miona menangis saat aku mencoba menyusuinya. Miona seperti tidak sabar karena aliran susu dari dot terasa lebih cepat daripada aliran susu di payudaraku. 

Menyiasatinya, aku membeli pompa asi manual untuk mengeluarkan asiku yang meluber. Lalu asi perah itu aku berikan kepada Miona dengan media dot juga. Itu merupakan kesalahan yang membuat Miona semakin tidak mau menyusu langsung. 

Sampai akhirnya asiku semakin sedikit, karena tidak ada stimulasi langsung dari mulut Miona. Akupun semakin malas memerah payudara karena menggunakan pompa manual cukup membuat lelah. Setiap memerah payudara, volume asi semakin berkurang. Susu formula pun terus-terusan menjadi penyelamat Miona yang tengah kehausan.

Namun aku sadar, asi adalah makanan dan minuman terbaik yang diciptakan Tuhan untuk anakku. Aku bertekad untuk terus memberinya asi meskipun saat itu asiku sudah sangat sedikit. Karena ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Setiap memerah kedua payudara selama 30 menit hanya mendapatkan sekitar 30ml saja. Padahal saat  Miona lahir asiku sangat melimpah.

Akupun mencari cara bagaimana asiku bisa terus mengalir dan aku bisa lancar menyusui meskipun Miona tak menyusu langsung. Lalu teringat dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang sudah aku konsumsi dari masa kehamilan dan membuat asiku melimpah saat Miona lahir. Tidak menunggu lama, akupun langsung mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dua kali sehari. Karena aku yakin, Blackmores Always Do More.

Kapsulnya berwarna coklat kehitaman, mudah ditelan meskipun ukurannya cukup besar. Kapsulnya juga tidak berbau amis dan tidak membuat mual meskipun mengandung fish oil yang mengandug DHA tinggi. Aku sangat nyaman mengonsumsinya saat hamil dan saat menyusui seperti saat ini.



Aku juga tetap mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi asi seperti sayur bayam, daun katuk, dan pepaya. Aku lalu meng-upgrade pompa asiku dengan pompa elektrik agar aku semakin nyaman dalam melakukan pumping.

Akhirnya, sedikit demi sedikit produksi dan volume asiku meningkat. Dari 30ml per sekali pompa, naik ke 50ml, lalu sekarang berada ditahap 80ml setiap kali pompa dalam durasi 10 menit untuk kedua payudara. Asi perahku terlihat lebih kental daripada sebelumnya. 

Warnanya yang putih kekuninan menandakan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Miona selalu meminum asi berkualitas dengan lahap walaupun Miona tidak menyusu langsung melalui payudaraku. Namun rasa cinta dan kasihku takkan pernah berkurang kepadanya. 

Saat ini yang terpenting bagiku adalah Miona bisa minum asiku dengan cukup tanpa memaksa miona menyusu langsung melalui payudara. Ini adalah pilihan yang akhirnya aku dan suami pilihkan untuk Miona. 


Nutrisi Bagi Ibu Menyusui

Meskipun aku adalah ibu menyusui dengan exclusive pumping, bukan berarti aku tidak memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuhku. Karena bagaimanapun apa yang aku konsumsi akan diolah tubuh untuk menjadi asi. Sehingga aku tidak bisa sembarangan makan selama proses menyusui, persis seperti masih mengandung. Karena akuyakin, tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat.

Aku menghindari kafein dari teh dan kopi karena dapat membuat Miona terjaga lebih lama dan lebih rewel dari biasanya. Aku juga selalu mengonsumsi Ikan yang menjadi sumber DHA. Karena DHA sangat penting bagi kecerdasan Miona sejak dalam kandungan hingga saat ini.

Untuk menambah nutrisi, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selalu menjadi andalanku. Karena selain volume asi semakin meningkat, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold juga membuat asiku semakin kental. 

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold mengandung dosis yang sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan ibu hamil & menyusui di Indonesia. 17 kandungan nutrisi esensial dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold  antara lain asam folat dan zat besi yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.  Blackmores Peduli Nutrisi Bunda,.

Juga mengandung Omega 3/DHA yang penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya. Semua kebaikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold mendukung perkembangan bayi pada masa 1000 hari pertama kehidupan.

Menjadi exclusive pumping mama bukan hal yang mudah. Karena jujur saja, melakukan pumping terasa lebih repot karena banyak hal yang harus aku persiapkan. Mencuci botol dan sterilize botol dan perlengkapan pumping adalah keseharianku saat ini. Memerah asi dua jam sekali, bahkan terjaga ditengah malam untuk memerah payudara juga merupakan rutinitasku demi Miona mendapatkan asi yang berkualitas.

Namun akhirnya aku berhasil menjalankan tugasku memberikan asi selama hampir dua tahun lamanya. Dan saat ini aku sedang dalam proses menyapih Miona yang sebentar lagi berusia dua tahun. Rasa bangga dan bahagia tak terkira ku rasakan, karena mampu memberikan air susu meskipun dengan cara dipumping setiap saat tanpa peduli waktu dan tempat.

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Menyadari pentingnya asupan nutrisi dimasa kehamilan, Blackmores menggandeng FoodCycle Indonesia serta yayasan Gita Pertiwi untuk berkolaborasi menghadikan Program Blacmores Peduli Nutrisi Bunda. Progam ini sangat mendukung asuan nutrisi ibu hamil, khususnya di Kota Solo. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan si kecil, kerjasama ini memberikan suplementasi Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di kota Solo. 

Kalbe Blackmores Nutrition 

Kalbe Blackmores Nutrition berkomitmen untuk mendukung pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui dan pentingnya 1000 hari pertama dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Kalbe Blackmores Nutrition berupaya membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup. Blackmores hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia. 

***

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa dengan mudah dibeli melalui ecommerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store, atau bahkan di apotek terdekat. Lebih lanjut tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa di cek langsung melalui website Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dan melalui official Instagram Blackmores Indoneia di @blakmoresid.


You Might Also Like

0 comments