Hamil saat Pandemi

  • Tuesday, June 23, 2020
  • By Amelia Pratami
  • 0 Comments

Tahun 2020 ini merupakan tahun yang penuh kejutan ya. Pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor perekonomian, pariwisata dan kesehatan turun drastis. Seluruh warga disarankan untuk tetap di rumah saja demi memutus rantai penyebaran virus mematikan ini.

Keadaan seperti ini belum pernah terjadi di Indonesia. Penutupan tempat-tempat publik dilakukan pengelola atas perintah pemerintah. Menggunakan masker jika terpaksa bepergian dan menggunakan hand-sanitizer setiap saat. Bahkan tidak adanya aktifitas mudik dan bersilaturahmi saat Lebaran membuat suasana hari raya terasa berbeda. 



Apalagi bagi saya yang tengah mengandung anak pertama. Banyak kegiatan bumil yang tidak bisa saya lakukan dengan maksimal. Senam hamil yang seharusnya bisa dilakukan memasuki bulan ke enam kehamilan, hingga saat ini tidak bisa saya lakukan. Karena vendor senam hamil menutup seluruh kegiatan mereka demi menjaga jarak.

Belum lagi kontrol kehamilan ke dokter specialist kandungan yang seharusnya saya lakukan sebulan sekali, saat ini hanya dapat dilakukan jika ada keadaan darurat. Seperti muntah hebat, pendarahan pada jalan lahir, bahkan pingsan. Sehingga saya merasa sangat sedih tidak bisa bertemu dengan buah hati saya sesering mungkin melalui USG karena pandemi ini.

Tapi meskipun begitu, saya tetap mematuhi usulan pemerintah dengan tertib protokol kesehatan. Saya tidak pergi kemanapun jika tidak ada keperluan darurat sekali. Bahkan saat saya memiliki keluhan tangan kebas disaat hamil ini, saya pun menggunakan fasilitas Halodoc untuk berkosultasi dengan dokter specialist.

Sudah tau Halodoc?

Saya mengunakan aplikasi ini sejak tahun 2018. Aplikasi ini sangat membantu saya jika merasa tubuh sedang tidak sehat. Saya bisa berkonsultasi dengan dokter umum, bahkan dokter specialist dengan honor dokter yang cukup murah. Saya bisa menceritakan riwayat kesehatan dan para dokter pun memberikan resep untuk ditebus. Lalu, resep akan diantarkan melalui driver Gojek yang sudah bekerja sama dengan Halodoc, kedepan pintu rumah saya dengan aman, tanpa harus keluar rumah.



Sebagai ibu hamil yang akan segera melahirkan, saya diwajibkan untuk melakukan covid test agar tenaga medis nantinya dapat membantu proses kelahiran dengan aman dan tenang. Saya sempat bingung untuk mencari lokasi rumah sakit yang menyediakan fasilitas test PCR maupun Rapid test. Untungnya Halodoc juga menyediakan fasilitas pendaftaran test PCR dan Rapid Test Covid-19 di seluruh kota di Indonesia, termasuk di kota saya Medan.

Halodoc bekerja sama dengan rumah sakit untuk memfasilitasi pendaftaran test PCR dan Rapid test Covid-19 melalui aplikasi agar memudahkan warga yang merasa memiliki gejala atau ada kepentingan khusus seperti melahirkan atau berangkat keluar kota untuk memeriksakan diri secara mandiri. Dan hasil dari test tersebut dapat diakses melalui aplikasi, tanpa harus ribet menunggu hasil diatas kertas.

Saya merasa sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi Halodoc. Karena aplikasi ini memudahkan saya berkonsultasi dengan dokter umum maupun specialist, membeli obat di Apotek terdaftar dengan atau tanpa resep dokter, melakukan BMI Check, bahkan bisa mengingatkan saya untuk mengonsumsi obat sesuai jadwal. 

***

Sebagai manusia dan calon ibu, saya sangat berharap saat melahirkan nanti di bulan Agustus 2020, virus Covid-19 ini sudah berakhir. Sehingga saya bisa melahirkan dengan nyaman dan aman didampingi suami, mama dan seluruh keluarga. Tapi jikapun virus ini masih tetap ada, saya tetap memohon kelancaran dan kesehatan dalam proses kelahiran sehinga saya bisa bertemu buah hati saya dengan sehat dan selamat. Aamiin..

You Might Also Like

0 comments