Tips Cari Vendor Catering

  • Monday, February 24, 2020
  • By Amelia Pratami
  • 0 Comments

Catering menjadi salah satu pernan penting dalam sebuah acara resepsi pernikahan. Bagaimana tidak kesan tamu sepulang dari acara pernikahan biasanya ada pada makanan yang di suguhkan enak dan berfariasi atau tidaknya, tidak jarang ketika mendapat catering yang tidak bertanggung jawab, malah ber ujung menjadi malu untuk keluarga yang mengadakan acara. Namun sebenarnya kalian bisa mendapatkan vendor catering yang terpercaya dengan mengikuti beberapa tips mencari vendor catering yang akan kami berikan. 

Dengan mengikuti tips ini, kurang lebih nya anda akan dimudahkan dalam menentukan pilihan vendor catering seperti kriteria yang anda mau. berikut beberapa tips dalam memilih vendor catering agar tidak tertipu ataupun mendapatkan vendor yang memberikan service kurang maksimal.


Tanggal 

Pastikan catering tersebut masih lowong  ditanggal yang kalian mau. Biasanya catering memang bisa perform di beberapa kawinan dalam satu hari sekaligus, tapi berdasarkan pengalaman kami jangan milih catering yang sampe puluhan performnya di satu waktu, takutnya keteteran. Akan lebih mudah lagi jika kamu sudah DP uang gedung sehingga tidak perlu menanyakan tanggal alternative kepada vendor catering.

Rekanan Gedung 

Cek terlebih dahulu apakah catering yang kamu mau adalah rekanan dari gedung yang kamu pakai. Karena hal ini berhubungan dengan charge atau biaya tambahan yang dikenakan oleh pengelola Gedung terhadap vendor catering yang biasanya dibebankan dari gedung. Jika vendor catering rekanan dengan pihak gedung, maka tidak ada charge yang dikenakan. Kalau tidak rekanan, biasanya harga yang ditawarkan vendor membumbung tinggi. Namun ada untungnya juga kalau bukan rekanan dan si catering biasanya mereka menawarkan harga yang masuk akal. Karena biasanya si catering bakal perform sebaik mungkin supaya dia dimasukkan daftar rekanan si gedung. 

Survei 

Jangan males untuk browsing dan bertanya kepada teman ataupun saudara yang belum lama mengadakan pesata pernikahan. Bandingkan catering yang kamu mau dengan catering lain yang levelnya sama. Perbandingannya dari apa? Harga, rasa, kemudahan komunikasi, performance, testimonial dari orang-orang yang pernah memakai catering tersebut, dll. Jika kamu aktif di media social kamu bisa join di beberapa forum pernikahan seperti Weddingku atau Female Daily sehingga bisa mengetahui berapa harga pasaran serta plus minus dari sebuah vendor.

Menu 

Andalan Beberapa catering ada yang dikenal ahlinya di beberapa makanan indonesia. Misalnya saja Alfabet dengan siomaynya, Caterindo dengan zuppa soupnya, ataupun DTC dengan mashed potatonya. Jadikan menu andalan dari catering ini sebagai pertimbangan, jika keluarga kamu suka zupa zupa misalnya mungkin kamu harus mempertimbangkan caterindo untuk menjadi vendor catering pernikahan mu.

Test Food 

Test food ini bisa kamu manfaatkan untuk mencoba segala menu dan gubukan untuk menimang nimang apakah kamu jadi atau tidak dalam memilih catering tersebut. Serta jika memang sudah memantapkan pilihan pada suatu vendor, test food ini bisa membantu kamu untuk menentukan menu makanan yang mau kamu hidangkan untuk tamu saat pernikahan kamu 

Minta Diskon 

Kalau kamu sudah sreg dengans sebuah vendor. Lakukanlah negosiasi seperti minta diskon langsung dengan ownernya atau meminta penambahan service yang diberikan. Biasanya owner yang baik tidak akan menolak mentah mentah negosiasi yang anda buat. Mungkin harganya tidak dikurangi, namun porsi makanan yang ditambah. Sebaik mungkin negosiasi dengan kepala dingin dan harus bisa menerima jika vendor sudah memasang harga pas. Toh nantinya saat hari H tamu anda akan dilayani dengan baik dan bertanggung jawab. 

Pembayaran 

Perlu diperhatikan terkait detail pembayaran catering pernikahan, jangan sampai harus bayar diawal sekaligus. Yang biasa itu DP (10%), pembayaran ke 2 menjelang  hari H (70%), dan pelunasan setelah pestanya pernikahan selesai (20%). Pembayaran terakhir itu bisa jadi senjata juga untuk tidak dibayar penuh kalau pesta perkawinan kamu ada yang gak berjalan lancar. Misalnya ada warna yang gak sesuai, kaca yang pecah, ataupun makanan yang gak sesuai. Tapi kemungkinan ini jarang terjadi, bukan untuk dijadikan patokan 

Berikut tadi adalah tips dalam memilih vendor catering. Memerlukan tambahan biaya untuk pernikahan anda? Bisa kunjungi di https://www.cekaja.com/info/tips-car-vendor-catering-pernikahan-budget-minim-di-jakarta/

You Might Also Like

0 comments