Pertolongan Pertama pada Ponsel Korban Banjir

  • Saturday, February 22, 2020
  • By Amelia Pratami
  • 0 Comments

Di penghujung tahun 2019, wilayah Jadetabek diterjang banjir dan merendam sebagian besar wilayah tersebut. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp 10 Triliun. Salah satu barang yang paling sering menjadi korban adalah ponsel. Pada saat terjadi banjir, biasanya ponsel diletakkan di samping penggunanya atau ditaruh di kolong kasur. Beberapa ponsel selamat walaupun mengalami error, beberapa bahkan hanyut dan tenggelam karena banjir. Jika ponsel Anda selamat, lakukan pertolongan pertama pada ponsel korban banjir seperti berikut ini. 


Hal-hal yang harus dilakukan saat ponsel terendam banjir 

1. Matikan ponsel Anda 

Ponsel yang dalam kondisi hidup, biasanya setelah terendam air akan menampilkan tampilan layar yang gelap dengan beberapa bagian yang berwarna lebih terang. Jika telah muncul tampilan seperti itu, segera matikan ponsel Anda untuk menghindari terjadinya kerusakan lebih parah pada ponsel Anda, terutama untuk bagian layar ponsel Anda. 

2. Lepas back cover dan pelindung tambahan ponsel Jika ponsel Anda menggunakan pelindung tambahan di bagian belakang, segera lepas pelindung tersebut agar air yang berada di dalam ponsel dapat keluar dengan mudah. Jika back cover ponsel Anda bisa dilepas dengan mudah, maka lepaslah bagian back cover tersebut agar air yang berada di dalam ponsel dapat keluar dengan mudah. 

3. Lepas baterai, SIM Card dan Micro SD Card 

Ini bagian yang tak kalah penting. Segera lepaskan SIM Card dan Micro SD Card yang ada dalam ponsel Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek yang terjadi dalam ponsel dapat merusak SIM Card dan Micro SD Card Anda. Jika baterai ponsel Anda bisa dilepas, maka lepaskanlah baterai ponsel Anda dari ponsel Anda. Hal ini agar tidak terjadi hubungan arus pendek dalam ponsel Anda setelah terkena air. Namun, kebanyakan ponsel saat ini memiliki teknologi baterai tanam. Namun, jangan khawatir, karena biasanya ponsel dengan teknologi baterai tanam cenderung memiliki back cover yang tertutup sangat rapat, sehingga air akan sulit masuk ke dalam ponsel. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua ponsel didesain untuk tahan terhadap air. 

4. Keringkan bagian luar ponsel 

Ada banyak cara untuk mengeringkan ponsel Anda setelah terendam banjir. Anda bisa mencoba dengan mendiamkan ponsel Anda di tempat yang sejuk dan kering selama beberapa hari, namun ini akan memakan waktu yang lama. Untuk mempercepatnya, Anda bisa mengelap bagian luar ponsel dengan menggunakan kain bersih yang kering. Atau Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner yang berukuran kecil untuk membantu mengeringkan ponsel. 

5. Kubur ponsel dengan benda yang dapat menyerap air 

Langkah ini dapat Anda lakukan jika setelah dikeringkan, ponsel Anda tak kunjung berfungsi dengan normal. Anda cukup mengubur ponsel Anda ke dalam benda-benda yang dapat menyerap air. Benda-benda yang bisa Anda gunakan adalah beras dan gel silika. 

6. Bawa ke service center resmi ponsel Anda Ini adalah langkah terakhir jika ponsel Anda tetap tidak berfungsi dengan normal setelah melakukan cara-cara yang telah kami sebutkan. Sebenarnya, Anda bisa langsung pergi ke service center resmi dari ponsel Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat, apalagi jika Anda masih memiliki garansi untuk ponsel Anda. 

Kesimpulan 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ponsel Anda terendam banjir. Lakukan penanganan dengan cepat dan tepat agar ponsel Anda bisa diselamatkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang penanganan saat ponsel terkena air, silahkan kunjungi artikel CekAja.com di https://www.cekaja.com/info/cara-memberi-pertolongan-pertama-pada-ponsel-korban-banjir/

Saat ponsel Anda terkena air, Anda tidak perlu panik. Segera berikan penanganan dengan cepat dan tepat, agar ponsel Anda dapat diselamatkan. Namun, jika ponsel Anda tidak bisa diselamatkan, Anda jangan khawatir. Pastikan semua data penting yang ada di ponsel Anda telah di-backup, lalu Anda bisa membeli ponsel yang baru di e-commerce favorit Anda dan membayarnya di kartu kredit BRI. Di CekAja.com, Anda bisa melakukan pengajuan kartu kredit BRI dengan cepat dan mudah. Anda bisa dengan mudah menemukan kartu kredit BRI yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera ajukan kartu kredit BRI Anda sekarang juga ke CekAja.com.

You Might Also Like

0 comments