Make Over Velvet Mattifying Primer Review

  • Friday, August 03, 2018
  • By Amelia Pratami
  • 21 Comments

Make Over Velvet Mattifying Primer 

Mekipun nggak make-upan setiap hari from 8a.m to 5p.m, tapi tetap donk saya pengen punya make-up primer. Beauty tools yang belum pernah saya cobain hingga 2018 ini ya make-up primer. Sebenernya udah tau dari kapan taun kalo make-up primer bisa membuat make-up lebih tahan lama, mengontrol produksi minyak, dan menutup pori-pori supaya terlihat flawless. Tapi karena merasa butuh nggak butuh jadi saya selalu skip, apalagi rata-rata harganya lumayan mahal ya.

Hingga tiba saatnya saya dengar kalau Make Over mengeluarkan produk primernya, saya langsung kepengen punya. Jarang-jarang kan merek lokal ada prouk primer. Biasanya hanya moisturizer yang dapat digunakan sebelum make-up

Meskipun udah baca beberapa review dari beauty blogger hingga nonton vlog beauty vlogger, saya yakin kalau produk ini akan baik digunakan di wajah saya yang pori-porinya segede kawah dan produksi minyak yang cukup berlebih di daerah pipi dan t-zone.

Akhirnya disuatu sore menjelang malam di bulan Mei lalu, saya tiba di Matahari Department Store dan membeli Make Over Velvet Mattifying Primer dengan bayaran cash senilai Rp. 89.000. Tau aja nih produk, "gue baru aja gajian dari ngeblog", hehehe. So, here is the review of Make Over Velvet Mattifying Primer


Kemasan Make Over Velvet Mattifying Primer

Ketika baru dibeli, Make Over Velvet Mattifying Primer dikemas dengan dus berwarna hitam dengan list putih dibagian tengah. Tapi dusnya sudah keburu dibuang, karena belinya sekitar tiga bulan yang lalu. 

Ketika dus dibuka, Make Over Velvet Mattifying Primer terlihat cukup mungil, dengan kemasan tube berwarna putih doff dan tutup model ulir berwarna hitam glossy dibagian bawah. My favorite!


Terdapat keterangan Smooth Effect, Non Comedogenic di bagian depan kemasan. Dan dibagian belakang terdapat beberapa keterangan seperti claim dan expired date


Claim Make Over Velvet Mattifying Primer

Mineral Primer tanpa warna yang berfungsi untuk menyamarkan tampilan kerut dan pori-pori, menghasilkan kulit yang terasa lebih halus. Dengan kandungan oil absorber yang terasa ringan di wajah, dapat digunakan tanpa make-up untuk tampilan wajah yang matte dan natural, atau sebelum foundation untuk membantu make-up tahan lama.

Tekstur dan Scent Make Over Velvet Mattifying Primer

Sewaktu di keluarkan dari tubeMake Over Velvet Mattifying Primer bertekstur seperti gel yang bening, tapi tidak mengandung air. Mungkin inikah yang dinamakan silicon based? Ketika diusapkan ke kulit pun tidak terasa licin dan basah. Kulit yang sudah di usapkan Make Over Velvet Mattifying Primer akan terasa matte dan halus ketika disentuh. 

Tapi, ketika saya terlalu lama nge-blend Make Over Velvet Mattifying Primer ini, ada residu dari Make Over Velvet Mattifying Primer yang kemudian menggumpal dan berjatuhan. Jadi sebaiknya biarkan Make Over Velvet Mattifying Primer meresap sempurna di kulit tanpa membaurkannya terlalu lama. 


Tidak ada aroma apapun ketika saya mencium punggung tangan saya yang sudah dibaurkan Make Over Velvet Mattifying Primer ini. Malah tercium aroma hand-cream yag sudah lebih dulu saya gunakan.

Cara pakai Make Over Velvet Mattifying Primer 

Menurut Beauty Advsisor dari Make-Over di counter Matahari Department Store, Make Over Velvet Mattifying Primer  ini digunakan hanya pada daerah tertentu yang biasanya memproduksi minyak berlebih, seperti daerah T-Zone dan bagian pipi. Dan dilanjutkan dengan Make-Over Hydration Serum yang bisa digunakan di seluruh kulit wajah baru kemudian foundation atau BB cream sebagai alas bedak.

Performa Make Over Velvet Mattifying Primer

Untuk menutup pori-pori di wajah saya yang cukup besar dan terlihat, saya nggak merasakan kalau Make Over Velvet Mattifying Primer ini menutup pori-pori saya, atau paling tidak menyamarkannya. Masih tampak dengan jelas, pori-pori segede kawah itu di bagian pipi karena bekas mengeluarkan komedo dengan paksa. 

Efek matte jika belum ditimpa dengan foundation cukup terasa. Meski masih terasa shiny-shiny manja di daerah pipi yang sudah dibaurkan Make Over Velvet Mattifying Primer ini. Tapi efek menghaluskan kulit dengan instant memang benar adanya. Kulit saya jadi terasa mulus jika disentuh, tapi tidak jika dilihat.

Ketika ditimpa dengan foundation atau BB cream, saya juga harus hati-hati nge-blendnya meskipun menggunakan beauty blender. Jangan terlalu kencang karena residu dari produk ini akan keluar, mengumpal dan berjatuhan. Malah bikin wajah jadi gagal flawless. Saya pernah tuh seperti itu, jadinya saya terpaksa menghapus seluruh rangkaian make-up yang sudah dilakukan dan mengulang dari awal.

Ketika sudah ditutup dengan foundation atau BB cream kesayangan, pipi saya memang terasa lebih baik. Tapi saya yakin karena efek foundationnya, bukan efek dari Make Over Velvet Mattifying Primer ini.



Oil Control dari Make Over Velvet Mattifying Primer juga nggak bisa diandalkan. Saya yang beberapa kali menghadiri  blogger event dan mengunakan Make Over Velvet Mattifying Primer sebelum menggunakan foundation berharap Make Over Velvet Mattifying Primer dapat mengunci make-up saya dan membebaskannya dari produksi minyak yang memang aduhai. 

Namun saya harus kecewa karena minyak di wajah terutama dahi dan hidung tetap berproduksi setelah dua jam lebih digunakan. Sama saja seperti saya tidak menggunakan primer. Ujung-ujungnya saya tetap nge-bolt wajah saya dengan face paper agar minyak-minyak itu go away dari wajah saya.

Kesimpulan Make Over Velvet Mattifying Primer 

+ Kemasan simple dan travel friendly
+ Kulit menjadi halus dan mulus ketika disentuh
+ Matte effect
+ Affordable price (Rp. 89.000,-)

- Pori-pori kurang tersamarkan
- Oil Control kurang nampol di kulit saya

You Might Also Like

21 comments

  1. Kalau lihat dari nama produk, klaim, teksturnya yg gel, ditambah penjelasanba BA. Aku sempat nyimpulin ini for oily skin. Ternyata malah oil controlnya low ya...

    ReplyDelete
  2. sempet kepingin beli ini tapi udah keduluan beli baby skin. kapan2 deh nih boleh dicoba :o

    xoxo,
    http://adelescence.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. aku sih kalo ngakalin minyak di daerah T lebih ke treatmentnya sih mel, bukan produknya. jd area T cm dikasi serum aja tanpa pelembab. tp jdnya kudu pake sunscreen terpisah atau produk foundie/bbc yg ada spfnya. alhasil jadi lebih tahan lama sih. hehe #kbbvmember

    ReplyDelete
  4. sejauh ini aku belum pernah cobain primer sih tiap kali makeup, tapi akhir-akhir ini lagi mikir pengen cobain beli. cuma karena aku lebih banyak work from home jadi agak-agak galau karena jarang kemana-mana, jadi jarang juga makeupannya. tapi liat review kamu jadi pengen cobain. gimana donk? :P

    ReplyDelete
  5. wah, aku selama ini ga pernah nyobain primer, ternyata primer tu penting juga ya #kbbvmember

    ReplyDelete
  6. Baiklaaaaah urung beli nih jadiny aabis baca review kamu #kbbvmember

    ReplyDelete
  7. Penasaran sama semua produk barunya Make Over, termasuk ini #KBBVmember

    ReplyDelete
  8. oemji aku butuh ini banget, cus besok beliii <3
    #KBBVmember

    ReplyDelete
  9. wah ternyata untuk primer sejenis kaya gini ga nutup pori itu minus banget sih huhuu, jadi mikir lagi buat beli 😭 dan baru tau juga ternyata abis pake primer ini bisa pake hydrating serumnya. infonya sangat bermanfaat bgt ka 💕#kbbvmember

    ReplyDelete
  10. eeeh di kamu ini gak cocok yah beb?? di aku untung nya produk ini cocok. lumayan nutup untuk pori-pori gede yang ada di area hidung aku. Mungkin beda kondisi kulit yah.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  11. Kurang bisa buat kulit berminyak ya tapi kayanya penting juga primer ya
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  12. Aku juga baru banget cobain primer make over ini..love it #kbbvmember

    ReplyDelete
  13. Sayang banget kurang ngeblur pori sama oil controlnya juga kurang 😣 #kbbvmember

    ReplyDelete
  14. Fix dah ga bakal beli ini krn silicone based, kulitku alergi 😑😑 Thank you reviewnya Amel!
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  15. iya sih sayang klo ga bisa nutup gt. tapi klo sama baunya yg ga ada bau aku lumayan tertarik ini #kbbvmember

    ReplyDelete
  16. Kalo oil control kayaknya bisa beda-beda tergantung kulitnya sih hehe #kbbvmember

    ReplyDelete
  17. Padahal udah masuk wish list tp oil control kurang nampol ya? Hmmm .. #kbbvmember

    ReplyDelete
  18. Kalau tips dari mua luar yang aku liat di youtube, pakai primer kayak gini harus ditap-tap jangan digeser-geser gitu supaya primernya masuk dan gak menggumpal
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  19. Oil controlnya kurang ya?, tapi koq tetep pengen nyobain ya hihi #kbbvmember

    ReplyDelete
  20. baru aja coba ini, belum review heheh #KBbvmember

    ReplyDelete
  21. Kita samaan nih kak, aku malah belom punya primer karena ya itu make upan pas acara resmi banget kalo yang bold. Untuk yang daily foundie aja. Sayang banget kalo oil controlnya rendah. Padahal packaging sama teksturnya kusuka.

    ReplyDelete