Tunjangan Hari Raya dan Alokasinya

  • Thursday, June 07, 2018
  • By Amelia Pratami
  • 15 Comments

Lebaran sebentar lagi. Nah bagi yang kerja kantoran, pasti sudah menerima THR, alias Tunjangan Hari Raya donk ya. Kalau ibu-ibu sudah pasti dapat jatah THR juga dari suaminya. Biasanya THR jumlahnya sama dengan 1 bulan gaji. Jadi kalau lagi hari raya besar keagamaan, sudah pasti deh kaya mendadak, hehehe.

Lalu, THR biasanya dialokasikan kemana nih? Mau beli baju lebaran? Atau sepatu baru, beli peralatan make-up atau gadget baru? Nah saya akan rekomendasikan kemana aja sih alokasi THR bagi yang menerimanya biar nggak bingung dan habis sia-sia.

1. Bayar Zakat

Sumber : ww.nu.or.id/post/read/85110/lafal-lafal-niat-zakat-fitrah
Nah ini sudah pasti donk. Membayar zakat bagi yang mampu wajib hukumnya. Biasanya pembayaran zakat ketika malam takbiran. Sekarang juga sudah banyak start-up yang bisa menyalurkan zakat melalui online zakat. Duh zaman sekarang apasih yang nggak online. By the way, jika masih punya orang tua, nggak salah untuk membayarkan zakat mereka.


2. Kue Lebaran

sumber : https://www.merdeka.com/gaya/4-resep-cara-membuat-kue-kering-sendiri-di-rumah-yang-mudah-dan-praktis-kln.html
Ini sih saya banget hahaha. Meskipun kue lebaran itu-itu saja dari zaman ke zaman, tapi tetap kue lebaran seperti Nastar, Kue Salju, Kastangel selalu ada di saat lebaran. Boleh beli yang sudah jadi atau buat sendiri, semua tergantung budget dan tenaga. Biasanya saya dan Mama nggak pernah buat sendiri, karena nggak pinter baking. Jadi kami selalu beli jadi ke toko kue langganan.


3. Baju Lebaran

Ya meskipun ini nggak harus banget sih. Tapi kalau ada dananya, kenapa nggak? Apalagi jika punya keluarga besar yang saling berkunjung, masa iya kita pakai baju yang itu lagi-itu lagi. Sekali-kali beli baju baru apalagi moment lebaran, nggak salah sih ya. Sandang juga kebutuhan primer kan?


4. Bayar Cicilan / Hutang

sumber : https://muslim.or.id/29942-bahaya-tidak-segera-membayar-hutang-padahal-mampu.html
Kalau punya cicilan / hutang, wajib dibayar ya! Apalagi kalau dananya sudah ada, jangan ditunda-tunda. Karena cicilan / hutang itu akan diperhitungkan loh di masa nanti. Siapa tau dengan membayar hutang tepat waktu, bisa membuka rejeki semakin lancar. So bayar hutang / cicilan kalau memang ada ya.


4. Gadget Baru

Nah, kalau beli gadget udah pasti harus banyak-banyak mikir. Apakah kebutuhan untuk lebaran lainnya sudah terpenuhi. Karena gadget kan biasanya mahal. Jadi sesuaikan kemampuan THR dengan spesifikasi gadget yang akan dibeli.


sumber : https://iprice.co.id/harga/acer-aspire-e5-475g/
Kalau saya sih pengen banget ganti Laptop Acer Aspire E5-475G karena spec-nya mumpuni untuk kegiatan nge-blog, ngedit video, dan ngedit foto sampai kegiatan online lainnya. 

Nggak perlu ke toko untuk check harga laptop terbaru. Saya sih seringnya bandingin harga dari toko ke toko melalui website iprice.co.id. Selain praktis, bisa langsung tau spesifikasi serta harganya tanpa di usilin penjaga toko. Asyik kan.

5. Biaya Mudik


Kalau yang merantau, biasanya THR digunakan untuk biaya mudik. Siapa juga yang ngga kepengen ketemu keluarga di kampung halaman, apalagi momen lebaran. Jadi biasanya THR habis untuk biaya mudik, dan membagikan THR kepada keponakan serta tetangga di kampung halaman.


6. Ditabung.

Meskipun THR datangnya setahun sekali, lebih bijak kalau THR ditabung untuk dana darurat. Ya ngga perlu semuanya sih, sekitar 20% bagian THR saya rasa cukup. Tapi pastikan memang kebutuhan lainnya sudah terpenuhi yaa.

***


Biasanya alokasi dana THR saya, di habiskan ke 6 kategori di atas. Meskipun saya nggak mudik, tapi dananya saya hibahkan ke membagikan THR keponakan dan sepupu kecil saya. Kalau kamu, dana THR dihabiskan kemana saja nih?

You Might Also Like

15 comments

  1. Eh iya ya.. Bagus juga ya kalo THR dibikin pos dananya kemana aja kayak gini. Tengkyu amel idenya.

    ReplyDelete
  2. Bagus juga kalu dana thr dipos poskan kalau faiz biasa nya yaa abis abia gitu aja

    ReplyDelete
  3. Kalao awq lebih ke bayar hutang dlu baru bisa bagi2 hehe sisanya ditabung lahh

    ReplyDelete
  4. Bagus juga ni kk, THR dbikin pos dana begitu

    ReplyDelete
  5. Beli make-up aja deh.. yg drugstore aklja tapi 😄

    ReplyDelete
  6. Jgn lupa THR untukku yaaa kak Mel.

    ReplyDelete
  7. Dulu sih kalau terima thr pasti mendahulukan 3 hal, bayar hutang, bayar zakat, dan nabung buat jalan2!

    Sisanya baru dialokasikan buat yg lain. Mudik tidak menjadi keharusan sih di keluarga, jadi alhamdulillah THR bisa ada sisanya

    ReplyDelete
  8. Ini bener banget kak amel. Suka tiba tiba merass kaya banget kako dapat jatah suami. Padahal bagus gini ya dibikin pos jadi penyalurannya oke.

    ReplyDelete
  9. Insyaallah amanah ya kak mel THR nya bukan hanya untuk diri sendiri, indahnya berbagi. Sini kak bagi THR untuk ku. Xoxo

    ReplyDelete
  10. Kalau aku biasanya dana thr buat dikasih ke ortu, zakat belanja beberapa barang yang diperlukan dan sebisa mungkin ditabung sih

    ReplyDelete
  11. dapat THR hrs baik alokasinay ya kalau gak kaya buang uang saja

    ReplyDelete
  12. kalau masalah THR biasanya lari ke tabungan sama zakat(ini utama) baru kalau cukup dananya beli gadget atau d simpan. kemungkinan untuk jalan jalan juga bisa

    ReplyDelete
  13. Aku sih biasanya buat jajanin adek sama ibu. Kalau ada sisa ditabung.

    ReplyDelete
  14. untuk saat ini alokasi THRnya gamau macem-macem dulu ah, mau fokus untuk halalin adek itu aja dulu, hihihi

    ReplyDelete
  15. Setuju banget sama poin 6. Biar THR ada rasanya.

    ReplyDelete