Pucuk Coolinary Festival Medan

  • Tuesday, September 03, 2019
  • By Amelia Pratami
  • 10 Comments

Pucuk Coolinary Festival akhirnya diselengarakan di Medan! Festival kuliner terbesar di Indonesia yang pada tahun lalu digelar di Malang dan Bandung, akhirnya menyambangi kota Medan di tahun 2019 ini. Setelah sebelumnya juga sangat sukses di kota Yogyakarta dipertengahan tahun ini.


Dengan Thema "Temukan Rasa Favoritmu", Pucuk Coolinary Festival yang diselengarakan pada tanggal 31 Agustus - 01 September 2019 lalu ini didukung oleh 80+ tenant kuliner yang eksis di kota Medan. 

Ke delapan puluh tenant tersebut dibagi menjadi 3 zona, yaitu zona manis, zona gurih dan zona pedas. Ketiga zona tersebut semakin membuat para foodies dapat menentukan jenis makanan yang menjadi favorit mereka dengan mudah.

Media Gathering 29/08/19

Sebelumnya, pada tangal 29 Agustus 2019, Pucuk Coolinary Festival mengadakan media gathering di Warung Kudeta Medan yang bertempat di jalan Hang Tuah untuk  memperkenalkan event kuliner terbesar ini.


Medan, yang merupakan kota kuliner adalah kota yang tepat untuk dikunjungi Teh Pucuk Harum  dalam event kali ini. Karena kota Medan memiliki beragam kuliner lokal yang sangat lezat dan penuh selera. 

Kitto Kristanto selaku Junior Brand Manager teh Pucuk Harum, bersama Leonarce selaku co founder @MakanMana, menerangkan akan seperti apa sih acara Festival kuliner terbesar di Indonesia ini.

Banyak funfact yang saya ketahui saat acara media gathering saat itu. Salah satunya ternyata ke-delapan puluh tenant yang berpartisipasi tidak dipungut biaya untuk berjualan. Dan juga tidak dipungut royalti atas penjualan nantinya.


Juga akan ada sesi Happy Hour, dimana para foodies dapat menikmati kuliner dengan potongan harga senilai Rp.10.000. Selain itu, juga bakal ada bagi-bagi 10.000 Mie Balap Bang Mail, hanya dengan menunjukkan 2 botol Teh Pucuk Harum ukuran apa saja. 

Pucuk Coolinary Festival bukan hanya festival kuliner biasa. Karena ada kontes makan pedas yang disebut Spicy King Noodle Contest. Banyak hadiah seru bagi pemenang yang mampu menghabiskan Mie dengan level kepedasan tertentu dengan waktu yang sudah ditentukan.

Bahkan saat Media gathering juga diadakan games Spicy Noodle King Contest untuk para awak media dan blogger. Karena saya tidak tahan pedas, maka saya tidak berpartisipasi dalam kontes ini. Padahal hadiahnya lumayan banget untuk belanja lho!


Pucuk Coolinary Festival Medan 31/08/19

Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya dibuka juga. Tepatnya di Pelataran Parkir Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto Medan. Pucuk Coolinary Festival resmi dibuka oleh Wakil Walikota Medan, bapak Ahyar Nasution setelah sebelumnya disambut dengan tari-tarian yang ciamik. Setelah memberikan kata sambutan dan apresiasinya terhadap event kuliner kali ini, bapak Ahyar pun membunyikan sirine yang diasmbut dengan tabuhan Gondang. Pucuk Coolinary Festival resmi dibuka unutk masyarakat kota Medan.



Saya, tentu saja segera menjelajah tenant-tenant dan mulai melirik yang sekiranya menarik. Yang pertama saya susuri adalah Zona Gurih, karena sesungguhnya saya kurang suka panganan manis. Dan pilihan saya jatuh pada Pempek Doeloer Kito. Saya memesan Pempek Lenjer dengan biaya hanya Rp. 20.000 saja!




Saya akui, rasa pempeknya sangat autentik. Khas ikan tenggiri yang semerbak. Rasa cukonya juga pas, tidak terlalu pedas dan sangat gurih.

Selanjutnya saya menuju tenant yang paling ramai. Apalagi jika bukan tenant Mie Balap Bang Mail yang membagi-bagikan Mie Balap secara gratis hanya dengan menunjukkan 2 botol Teh Pucuk Harum. Lumayan banget kan. Rasa Mie Balap Bang Mail jangan diragukan lagi. Meskipun gratis, rasanya tetap juara. Bumbunya meresap kedalam kwetiaw dan membuat saya ketagihan.



Lalu, saya menuju Zona Pedas. Di sana saya memesan Tahu Balek Spicy yang rasanya super nagih. Yang buat nggak percaya, harga-harga kuliner di Pucuk Coolinary Festival ini nggak menguras kantong. Tahu Balek HeyFreeday ini saja hanya senilai Rp. 10.000 saja. Sungguh saya sangat puas.




Beralih ke Zona Manis, saya pun membeli Kue Bacok, yang merupakan brownies lumer dengan pilihan topping diatasnya. Tapi saya kurang suka sih, terlalu manis menurut saya. Maklum, rasa favorit saya gurih.


Bagi tenant, ada pemilihan tenant terbaik oleh para pengunjung. Nantinya tenant yang mendapat voting terbanyak akan mendapatkan hadiah menarik

Sekitar pukul 16.00, para peserta Spicy King Noodle Contest naik panggung. Ada sekitar 25 peserta yang mencoba peruntungan memakan Mie dengan tingkat level dewa. Disediakan Teh Pucuk Harum sebagai penetral rasa jika sudah terlalu kepedasan. 

Acara yang sangat seru. karena terlihat wajah-wajah yang menahan pedas, merah padam dan kepanasan. Padahal saat itu suasana kota Medan sangat mendung, bahakan sudah rintik gerimis.



Diujung acara, ada undian 2 unit Yamaha NMAX untuk pengunjung yang beruntung.

Semakin sore, Pucuk Coolinary Festival semakin ramai didatangi para foodies. Saya pun beranjak dari  pelataran parkir Plaza Medan Fair karena hari semakin gelap dan mendung yang menggantung. Acara keren ini harus diadakan setiap tahun di Medan ya, Teh Pucuk Harum!






You Might Also Like

10 comments

  1. saya pribadi suka sih dengan teh botol macam gini, tapi alangkah nikmatnya saat meminumnya dalam keadaan dingin, hh,,,,segerrr

    ReplyDelete
  2. ya ampuuun eventnya seru banget ini kak seketika lapar dan butuh kesegaran teh pucuk haha

    ReplyDelete
  3. teh kemasan paling enak menurut saya memang teh pucuk mba,manisnya juga ga berlebihan jadi aku sering kasih ke anakku kalau dia pengen minuman kemasan :)

    ReplyDelete
  4. Samaan mbak, aku juga kurang suka makanan manis😂. Btw teh pucuk ini ada yg sugar free juga ya? Aku baru tau mbak😂

    ReplyDelete
  5. yeay, akhirnya acara ini merambah ke Medan juga ya mbak. Acaranya asyik banget ini, bisa jajan sepuasnya aneka kuliner enak-enak. Pengen diadain lagi deh di Malang tapi sepertinya tiap tahun bergiliran kota-kota besar lainnya.

    ReplyDelete
  6. suegerrr bnget ya kak liat teh pucuknya, tp kyknya acaranya juga seru nih, jd pengen ikutan klo ada acara begini.. apalgi di sponsor teh pucuk

    ReplyDelete
  7. aku dulu langganan teh pucuk pas kuliah soalnya mumer bangettt, seru ni eventnya

    ReplyDelete
  8. Aku pengen ke sana kemarin itu. Pengen cobain. Tapi mengingat kondisi, mamakku juga kurang sehat, ujan pula, gak jadi deh..

    ReplyDelete
  9. Bikin ngiler bgt tahu balek spicy nya.. Ditambah minum nya teh pucuk

    ReplyDelete
  10. Teh pucuk favoritku wkwk btw disini belum mampir nih festival kulinernya. Semoga mampir ke Pekanbaru deh mereka hehe

    ReplyDelete