Search This Blog

logo socmed

Facebook  Twitter  Google+  Instagram  Youtube

Saturday, August 13, 2016

Pempek yang Enak di Medan

Suka pempek?  Saya doyan banget. Pempek yang merupakan kuliner khas Palembang ini memang agak susah dicari di Medan. Susah dicari yang enak, maksud saya. Karena dipinggir jalanpun sering saya jumpai penjual pempek yang rasanya "aneh".

Saya baru bisa mengerti rasa pempek yang sebenarnya sejak dikirim dari Palembang langsung, oleh teman saya. Ternyata tekstur dari setiap pempek itu berbeda-beda, tidak sama. Jadi bedanya pempek Lenjer, Kapal Selam dan Adaan itu bukan hanya dibentuknya tapi di teksturnya, yang sudah pasti beda adonan donk ya..

Saya coba cari resepnya di internet, dan mencoba mengeksekusinya langsung didapur rumah saya bersama Mama. Dan gagal. Saya masih belum bisa mendapatkan tekstur yang pas, meskipun timbangan tepung sagu dan terigu serta bahan rempahnya sesuai dengan resep yang tertulis.

Saking penasarannya dengan pempek, saya pasti selalu cobain pempek jika dirumah makan, cafe atau dipinggir jalan ada menu pempeknya. Bahkan sampai ke warung atau restoran yang khusus menjual pempek. Dan saya sering sekali kecewa karena rasanya kurang pas, mulai dari tekstur mirip bakso, rasa yang kurang nendang, sampai kuah cuko yang ewww mirip kuah rujak :'(

Kadang saya berpikir, "Bahagia banget yang tinggal di Palembang, harga pempek dijamin murah-murah dan rasanya pasti enak-enak". Seandainya saya tinggal di Palembang, mungkin sudah gendut karena ngemilin pempek setiap pulang kerja.

Sampai akhirnya penantian saya berakhir di salah sartu supermarket dikota Medan. Sebut saja Carefour Plaza Medan Fair.


Surgaaaa...




Di Transmart Carefour atau Carefour, biasanya ada food bar yang memang menjual makanan yang siap saji dan bisa makan ditempat layaknya restoran / cafe. Walaupun ditemani oleh orang yang berlalu lalang untuk berbelanja, saya tidak pernah melihat food bar di Transmart Carefour Plaza Medan Fair sepi pengunjung. Iyalah, Plaza Medan Fair kan mall sejuta umat :D



Nah, saat itu saya yang memang sedang lapar, mengitari seluruh area food bar tersebut, dan voila! Saya menemukan menu pempek dengan harga yang wajar. Tanpa buang waktu saya pun langsung meng-order pempek kapal selam dan pempek kulit sekaligus.




Saya kurang tau sih, siapa yang menjadi suplier pempek yang dijual di food bar tersebut. Ntah memang buatan dapur Transmart Carefour, atau memang bekerjasama dengan supplier pempek. Tapi yang saya tau pasti, rasanya tidak mengecewakan sama sekali.

Untuk pempek kapal selam yang saya pesan, teksturnya pas, tidak seperti bakso. Legit tapi tidak membal (bahasa apa ini -_- ). Dan aroma ikan tenggirinya, aduhai semerbak.. Sama pula denga pempek kulit, asinnya pas, kriuknya dapet, porsinya gede pula. Pun kuah cuko nya, pedas-pedas manis, yang nggak bisa membuat saya berhenti menyirupnya, meskipun saya kepedesan.




Sampai saat ini, pempek di Transmart Carefour selalu jadi andalan saya jika ngidam makan pempek di Medan. Selain terjangkau dari segi harga, juga mudah dijangkau dari segi lokasi. Sungguh perpaduan yang sangat sempurna.



Antara kenyang dan kepedesan





9 comments:

  1. Biarpun kepedesan yang penting kenyangnya poll, ya kan Mel :D. Tapi aku belum pernah makan justru yang di sana ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyang kali kak, padahal masih mau nyobain lenjer & adaannya..

      Delete
  2. duuuh salah satu makanan favorittt :9

    ReplyDelete
  3. sekarang kalo lagi ngemall ato jalan gitu yg di cari pasti empek2
    makanan yg gak berat tapi cukup mengenyangkan

    ReplyDelete
  4. Pempek cek nani di bundaran cemara asri juga recommended mba..konsepnya foodtruck gitu 😁

    ReplyDelete