Search This Blog

logo socmed

Facebook  Twitter  Google+  Instagram  Youtube

Friday, February 26, 2016

13 Tipe Blogger


Sering blogwalking walaupun jadi silent reader membuat saya berpikir ternyata bloggers itu banyak jenis dan macamnya. Entah itu blogger dengan tema yang sama maupun tidak. Berikut ini hasil analisis saya tentang blogger dari hasil blogwalking :D




1. Blogger Manis.
Blogger ini biasanya menggunakan bahasa yang cute, wanita banget deh pokoknya. Selalu menyebut pembacanya dengan nama-nama yang manis dan enak dibaca. Contohnya : Lovely readers, My sunshine dll. Dan blogger tipe ini selalu membalas komentar dari pembacanya, bahkan tak jarang untuk mengunjungi balik blog pembacanya. :)

2. Blogger Sor Sendiri
Blogger tipe ini, biasanya blogger yang sudah banyak followernya. Jadi dia akan menuliskan hal-hal yang lebih spesifik, misal review gadget atau beauty, culinary, traveling, parenting atau apapun itu, tapi tak pernah membalas komentar dari pembacanya, baik itu yang basa-basi, pertanyaan serius tentang isi tulisannya ataupun sekedar komentar "nice post". Jadi blogger tipe ini akan senang dengan komentar yang masuk, tapi enggan membalas karena mungkin merasa sibuk (atau sok sibuk) dengan tulisan lainnya yang akan segera tayang.

3. Blogger Judgmental
Blogger tipe ini, tulisannya tentang betapa dia nggak setuju / nggak sepaham dengan isu-isu yang tengah viral dimasyarakat. Jadi apapun itu dia selalu nyinyirin isu-isu tersebut dengan kalimat-kalimat yang biasanya to the point, cadas dan langsung kena sasaran. Biasanya juga para pembaca setuju-setuju aja dengan point yang dia sampaikan. Tapi ya namanya juga hidup ya, ada pro dan kontra. Selama kita masih hidup didunia nggak bisa juga sih mempertahankan pendapat sendiri. Apalagi kalo pembacanya ada yang nggak setuju dengan pendapatnya, bisa terjadi perang komentar hehehe..

4. Blogger Kosong
Blogger ini ngakunya aja blogger tapi nggak ada satupun postingan sejak dahulu kala :'(

5. Blogger Curhat
Nah, blogger ini biasanya hanya menuliskan hal-hal yang terjadi dihidupnya. Masa sekolah, pacaran, putus, balikan, putus lagi, tunangan, menikah hingga punya anak pun lengkap dituangkan dalam blognya berserta foto-foto sebagai pendukungnya. Sehingga pembaca yang tak mengenal secara pribadi pun dapat mengintip bagaimana kehidupan si blogger hanya dengan membaca kisahnya.

6. Blogger Review
Blogger tipe ini suka menulis dan berbagi tentang review suatu produk baik yang memang digunakan pribadi maupun produk endorsement. Biasanya pengunjung dari blogger review bisa sampai ratusan hingga ribuan view dalam sehari, karena memang tulisan mereka bermanfaat bagi pengunjung yang membutuhkan. :)

7. Blogger Musiman
Blogger ini memang hanya menulis jika ada 'sesuatunya', misalnya ada kuis, lomba menulis ataupun giveaway. Jadi isi blognya hanya tulisan-tulisan random, alias tulisan yang diikutsertakan dalam syarat lomba.

8. Blogger Tutorial
Blogger ini biasanya menulis dengan hati. Karena untuk menuliskan tutorial, baik itu gadget, resep, kecantikan, blogging, atau apapun selalu total dan penuh penjelasan. Blogger type ini akan selalu membalas komentar yang masuk, apalagi jika ada yang kurang paham tentang tutorial yang dia tuliskan, dia akan senang hati menjawabnya. 

9. Blogger Copy Paste
Keuntungan dalam copy paste adalah si blogger ini tak perlu capek-capek menuangkan idenya kedalam sebuah tulisan, tapi pengunjung dan page view nya terus meningkat dari hari ke hari. Keuntungan yang dicari biasanya dari materi. Karena semakin banyak pengunjung maka Google Addsense pun akan mengijinkan blognya untuk dipasangi iklan. Dalam sekejap saja dia bisa meraih keuntungan materi, hanya dengan copy paste. 

10. Blogger Komersil
Blogger ini nih yang diidam-idamkan oleh para blogger. Komersil disini maksudnya, dengan tulisan di blognya, si blogger mendapatkan keuntungan materi yang lumayan dan jangka panjang. Misalnya menjadi guest blogger di majalah, menjadi pembicara dalam seminar, menjadi brand ambasador, bahkan menjadi penulis buku. Biasanya untuk menjadi blogger seperti ini harus konsisten menulis dan atmosfer tulisannya berbeda dengan blogger kebanyakan. Dan biasanya juga sang blogger tak perlu repot-repot meminta "sponsor" karena sang sponsor akan datang sendiri jika memang melihat tulisannya yang ciamik. Tul gak? :D


11. Blogger Pantang tak Top
Blogger ini sih, nggak copy paste seluruh isi dari blog orang lain, tapi copy ide dari sebuah tulisan orang lain, lalu mengembangkannya dengan bahasa dia sendiri. Ya masih wajarlah ya, namanya juga inspirasi bisa datang dari mana saja. Setuju ?


12. Fancy Blogger
Blogger ini yang mencolok bukan tulisannya, tapi widget - html - dan code-code yang terpasang dalam blognya, selain penuh dengan gambar-gambar yang kedap-kedip, animasi kursor untuk mouse juga dalam berbagai bentuk, dari bintang, pelangi, hingga butiran salju yang turun dari kahyangan.

13. Blogger Motivasi
Blogger ini isi tulisannya lebih concern ke tips dan motivasi kehidupan, bagaimana agar nggak galau, misalnya. Atau cara minta balikan dengan mantan karena jomblo terus sejak putus. Isi tulisannya akan menjadi orang yang netral dan tidak berat sebelah, sekalipun ngomogin tentang mertua vs menantu.



--------------------

Lalu, saya sendiri blogger tipe apa?






9 comments:

  1. Haha kayaknya aku tipe blogger curhat deh. Soalnya tiap nulis di blog pribadi ya gitu suka menceritakan hal-hal yang telah terjadi meskipun masih random sih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku bingung antara blogger kosong atau blogger musiman kak :(

      Delete
  2. aku blogger apaan ya hahhaaa... blogger labil kayaknya, kadang curhat, kadang sok manis, kadang gini, kadang gitu.. hahhaha..

    ReplyDelete
  3. Kalo aku termasuk blogger jenis apa pulak ya? Hahaha :D. Blogger ala-ala barangkali yak, alakadarnya gitu ;).

    ReplyDelete
  4. Kak Molly sih tipe blogger komersil nih nampaknya :D

    ReplyDelete
  5. Iyah tipe apa ya? Blogger manis bisa gak ya hihi

    ReplyDelete
  6. Trus saya merasa berkepribadian ganda baca artikel ini hihihihi....

    ReplyDelete