Kolaborasi #AyoTunjukTangan, Memaksimalkan Akses Nutrisi dan Akses Edukasi bagi Generasi Maju

  • Thursday, December 16, 2021
  • By Amelia Pratami
  • 0 Comments

Sebagai orangtua, tentu aku menginginkan yang terbaik bagi buah hatiku, Miona. Mulai dari pakaian yang nyaman, makanan dan minuman bernutrisi tinggi, mainan yang mengedukasi, serta akses pendidikan yang mengikuti perkembangan jaman. Semua itu aku berikan demi masa depan Miona yang maju. 

Aku berharap Miona memiliki daya pikir yang kritis, mampu memecahkan masalah yang dikemudian hari pasti ia jumpai, dan mandiri dalam kehidupannya kelak. Semua hal yang aku dan suamiku berikan kepada Miona, mungkin merupakan privileges' baginya. Karena orangtuanya akan terus berusaha keras untuk memberikan nutrisi yang baik, memberikan akses edukasi yang mengikuti perkembangan jaman. 

Namun, tak semua anak memiliki kesempatan dalam menggapai impiannya karena keterbatasannya. 9 dari 10 anak masih tertinggal dalam pemenuhan gizi serta pemenuhan akses edukasinya. Karena tak adanya pembeian gizi yang baik sehingga anak kurang tanggap dalam menangkap pelajaran, serta akses edukasi yang masih belum merata di berbagai daerah. 

Keterbatasan itu tak hanya mengancam kepada anak-anak yang kurang mampu, tapi juga mengancam bangsa Indonesia. Karena bangsa Indonesia akan dipimpin oleh anak-anak hari ini, di masa yang akan datang yang harus dipersiapkan sejak dini.

Apalagi kita saat ini sedang memasuki masa-masa sulit, pandemi Covid-19 yang sampai hari ini belum berakhir. Sehingga akses nutrisi bagi anak usia dini semakin sulit diberikan terkait semakin sulitnya keadaan ekonomi. Pun akses pendidikan yang berubah total, dari belajar tatap muka menjadi belajar daring. Sulitnya ekonomi dan perubahan sistem belajar yang secara mendadak ini semakin menyulitkan orangtua dan juga anak-anak agar menjadi generasi maju

Maka dari itu, SGM di tahun 2021 ini turut mendukung akses kemajuan anak Indonesia. Dengan program inisiatif kolaboratif #AyoTunjukTangan. Program ini telah berhasil menyalurkan dukungan akses pendidikan dan nutrisi yaitu berupa dukungan gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar, rehabilitasi 10 sekolah dan 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia. 

Progam apa sih #AyoTunjukTangan ini? 

Progam #AyoTunjukTangan ini mengajak masyarakat Indonesia dengan berdonasi di website www.generasimaju.com, lalu kita dapat memilih berdonasi salah satu dari tiga pilihan yaitu, 

  • Membantu memberikan 75.000 paket nutrisi untuk anak diatas satu tahun 
  • Membantu 1500 anak untuk mendapatkan beasiswa pendidikan online 
  • Membantu merehabilitasi fasilitas sekolah 

Kemudian, tinggal mengisi data diri dan tunggu sms konfirmasi agar donasi dapat segera diproses. Setelah melakukan aksi Ayo Tunjuk Tangan ini, para donatur tidak dikenakan biaya apapun, karena pihak SGM dan Partner yang akan bahu-membahu dalam memberikan serta menyalurkan donasi yang telah dipilih. 

Pada tahun 2021 ini, melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan, selain berkolaborasi dengan masyarakat luas, SGM Eksplor juga berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kemendikbudristek dan partner pelaku industri lainnya, yaitu Telkomsel dan CAKAP. Karena melalui kolaborasi yang kuat, SGM Eksplor bersama mitra telah berhasil memberikan akses pendidikan dan nutrisi anak untuk mendukung kemajuan anak-anak Indonesia tumbuh jadi generasi maju.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek), Jumeri, S.TP., M. Si., mengatakan,

“Kemajuan SDM Indonesia untuk mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting pemerintah, agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat. Kami meyakini bahwa anak-anak Indonesia saat ini dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif dan akan dapat meraup manfaat maksimal dari bonus demografi untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. Namun, untuk dapat mencapai hal tersebut, Indonesia harus berinvestasi sekarang juga untuk generasi muda, termasuk di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fondasi untuk dapat mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal. Oleh karena itu, kami menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang.” 

Menurut Bapak Jumeri, S.TP., M. Si, memberikan makanan yang bergizi tinggi akan semakin membuat anak-anak di Indonesia mampu bersaing dengan dunia luar. Karena dari makanan bergizi simbang akan diperoleh anak-anak yang tanggap dan aktif.

Telkomsel Mendukung #AyoTunjukTangan

Telkomsel sendiri pun memiliki satu visi dengan #SGMEksplor dalam membantu anak-anak melakukan kegiatan belajar di masa pandemi seperti saat ini dengan menyediakan paket kuota belajar secara gratis. Telkomsel pun memastikan jaringan akses internet dapat stabil dan merata di setiap wilayah di Indonesia, agar anak-anak semakin nyaman dalam pembelajaran jarak jauh. Telkomsel berharap anak-anak yang ternatu dengan program Ayo Tunjuk Tangan ini dapat menjadi anak #generasimaju. 

#

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, Andry P Santoso mengatakan, 

“Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul. Untuk itu, kami sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia dengan menjalankan peran kami sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik.” 

Selain itu, bagi sebagian anak yang belajar daring belum memiliki gawai sendiri. Sehingga melalui program Ayo Tunjuk Tangan ini pun Telkomsel memberikan gawai untuk digunakan dalam proses belajar daring.

CAKAP Memberikan Gratis Belajar Bahasa Inggris

Selanjutnya, platform pembelajaran online CAKAP juga ikut andil dalam mendukung serta berkolaborasi bersama SGM Eksplor dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan. Senior Business Development Manager CAKAP, Siti Messyana Putri mengatakan

“Dengan visi meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia, CAKAP sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia, bangga dapat terlibat berkontribusi dalam inisiatif gerakan sosial #AyoTunjukTangan. CAKAP telah memberi program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia. Pengetahuan Bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu pembelajaran penting bagi masyarakat sejak usia dini. Untuk itu, melalui inisiatif ini kami berharap lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris secara mudah hingga memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global ke depannya” 

CAKAP menyambut baik gerakan Ayo Tunjuk Tangan dan turut mendukung anak-anak Indonesia dalam menjalankan sistem belajar di rumah dengan memberikan program bahasa Inggris gratis selama satu tahun kepada ribuan anak di Indoneisa. Karena pengetahuan bahasa Inggris merupakan skill berbahasa yang sangat diperlukan saat ini dan nanti.

Ayo Dukung Anak Generasi Maju

SGM Eklpor sebagai pemerhati nutrisi anak selama 65 tahun, meyakini semua anak berhak untuk maju, seperti kata Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo yang mengatakan,

“Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju, sehingga seharusnya tidak boleh ada anak yang tertinggal, termasuk dalam memperoleh akses nutrisi dan pendidikan. Namun faktanya, 9 dari 10 anak di Indonesia   masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai. Untuk itu, sejalan dengan visi Pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul, SGM Eksplor terus berupaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung intervensi yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan” merupakan salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk bersama-sama tunjuk tangan, berinisiatif untuk mendukung kemajuan anak Indonesia.”

Untuk itu, untuk mendukung keberhasilan pogram #AyoTunjukTangan ini, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia turut andil dalam berdonasi di website www.generasimaju.com dan memilih donasi yang sekiranya sangat dibutuhkan oleh ribuan anak Indonesia. Jangan lupa juga untuk membagikan program ini ke teman dan saudara agar semakin banyak anak Indonesia yang terbantu.


Terbukti, hingga saat ini sudah berhasil menyalurkan dukungan akses pendidikan dan nutrisi yaitu berupa dukungan gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar, rehabilitasi 10 sekolah dan 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia. Hal ini menunjukkan masih ada harapan gara anak Indonesia mampu menjadi generasi maju dimasa yang akan datang.

Dengan berjalannya dan berhasilnya program #AyoTunjukTangan ini, sebagai orangtua aku mengharapkan semua anak-anak di Indonesia dapat merasakan akses nutrisi dan akses pendidikan agar tumbuh kembang anak setara, dan seiring sejalan. Agar kehidupan mereka dimasa depan dapat berjalan dengan baik, mandiri, tanggap dan menjadi Anak Indonesia Maju. Aamiin.









You Might Also Like

0 comments