Nasi Tumpeng Kemerdekaan dengan Kunyit Bubuk Adabi

  • Wednesday, August 12, 2020
  • By Amelia Pratami
  • 0 Comments

Kuliner Indonesia merupakan salah satu kuliner terbaik di dunia. Beragam rasa yang terbuat dari rempah-rempah pilihan asli Indonesia, semakin menggugah selera. Nasi Tumpeng salah satunya.

Nasi Tumpeng adalah kuliner khas Jawa, berupa nasi kuning berbentuk kerucut diatas sebuah tampah bulat beralaskan daun pisang. Biasanya, Nasi Tumpeng dibuat untuk memperingati suatu acara, seperti kenduri, tujuh bulanan kehamilan bahkan kemalangan. Namun semakin berkembangnya jaman, Nasi Tumpeng juga dibuat untuk acara-acara seperti ulang tahun, grand opening dan syukuran kemerdekaan.

Betuk Nasi Tumpeng pun bukan sekedar kerucut saja sekarang ini. Banyak bentuk yang semakin divariasikan untuk membuat tampilan Nasi Tumpeng terlihat menarik dan casual. Bentuk tingkat dan bentuk hati banyak dilirik untuk acara-acara yang tidak terlalu formal.

Menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke 75 tahun, sudah pasti Nasi Tumpeng hadir untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia. Biasanya akan ada perlombaan memasak dan menghias Nasi Tumpeng. 

Kunyit Bubuk Adabi

Biasanya part yang paling susah dalam membuat nasi tumpeng adalah memarut kunyit sebagai pewarna untuk beras yang akan dimasak menjadi nasi kuning, serta untuk memberikan aroma nasi kuning yang khas. 

Proses memarut kunyit akan membuat jari-jari tangan akan menguning dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya. Namun jika tidak menggunakan kunyit, Nasi Tumpeng tidak akan terlihat menarik dan tidak memiliki aroma yang khas.

Tapi sekarang saya tidak khawatir lagi tangan akan menguning akibat memarut kunyit, karena sekarang saya menemukan Kunyit Bubuk dari Adabi sebagai penyelamat. Kandungan dari Kunyit Bubuk Adabi adalah 70% kunyit dan 30% tepung beras. Kemasan 30gr dalam satu sachet Kunyit Bubuk Adabi bisa untuk beberapa kali memasak Nasi Tumpeng. 

Cara memasak Nasi Tumpeng menggunakan Kunyit Bubuk Adabi juga sangat mudah. Pertama rendam 1.5kg beras yang sudah dicuci dengan 2 liter air yang sudah dilarutkan dengan 3 sendok Kunyit Bubuk Adabi selama 30 menit. Perendaman ini agar warna beras berubah menjadi kuning. Perhatikan apakah warnanya sesuai dengan keinginan. Jika warnanya masih pucat dan aromanya belum keluar, boleh ditambahkan 1 sendok Kunyit Bubuk Adabi lagi.

Jika warnanya sudah cukup terang, beras kembali dicuci dan siap untuk dimasak. Biasanya saya memasak beras diatas wajan, lalu diaron terlebih dahulu dengan santan, daun salam dan serai yang sudah di geprek. Lalu saya berikan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih. Kemudian, beras yang sudah setengah matang itu, dikukus di atas dandang selama sekitar 30 menit.

Tunggu hingga nasi matang sambil diaduk-aduk agar matangnya merata. Jika sudah matang, nasi kuning harus langsung dicetak didalam cetakan tumpeng yang sekarang banyak dijual dipasaran. Jika terlalu lama mencetak, nasi tidak akan padu dan rentan ambruk ketika sudah dingin.

Lauk Pauk Nasi Tumpeng

Beragam lauk pauk dapat disandingkan dengan Nasi Tumpeng, apalagi dengan thema kemerdekaan. Ayam Goreng Kalasan, Urap, Telur Balado, Mie Goreng, Bakwan Jagung bisa banget dijadikan teman makan Nasi Kuning di atas tampah. 

Untuk membuatnya semakin menarik, berbagai garnish dari sayuran seperti wortel, tomat cherry, timun dan lobak diletakkan diatas lauk-pauk. Tinggal menerapkan feel yang baik, agar garnish yang tersusun terlihat apik dan estetik.

You Might Also Like

0 comments