Wisata Solo Bernuansa Alam yang Wajib Dikunjungi

  • Sunday, October 27, 2019
  • By Amelia Pratami
  • 0 Comments

Liburan ke Kota Solo ternyata tidak hanya sebatas berlibur ke tempat-tempat sejarah dan budaya yang ada di pusat kotanya saja. Kota yang dikenal sebagai kota budaya ini juga memiliki wisata Solo yang bernuansa alam. 


Kamu bisa mencari udara segar sambil menikmati pemandangan alam yang ada untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Tempat wisata alam dengan pemandangan alam yang mempesona dan udara yang sejuk menjadi tempat wisata yang banyak diburu wisatawan. Tempat wisata alam di Solo berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi sebagai pilihan destinasi untuk refreshing:

Grojogan Sewu Tawangmangu

Air terjun di Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian mencapai 81 meter. Untuk bisa melihat keindahan air terjun dan pemandangan di sekitarnya, kamu harus menuruni ribuan tangga batu.



Udara sejuk begitu terasa ketika memasuki kawasan wisata ini lantaran Grojogan Sewu berada di lereng Gunung Lawu. Masih banyak monyet-monyet yang berkeliaran di kawasan wisata ini jadi hati-hati dan jaga makanan kamu ya biar tidak diserobot. Di sekitar tempat wisata ini juga banyak dijajakan berbagai macam kuliner dan salah satu kuliner khasnya adalah sate kelinci.

Tiket masuk Grojogan Sewu yang dikenakan kepada setiap pengunjung adalah berkisar Rp17.000,00. Jika ingin berkunjung ke sini, jangan lupa datang dengan kisaran waktu 06.00 WIB – 17.00 WIB. Sangat disarankan untuk datang ketika pagi saat udara masih sejuk sehingga tidak terlalu panas ketika harus berjalan jauh. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata ini dengan menaiki kuda yang disewakan.

Lokasi: Beji, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Solo yang banyak diminati karena lokasinya masih berada di pusat kota. Di tengah keramaian dan panasnya Kota Solo, kamu bisa merasakan sejuknya udara di sini karena taman ini dipenuhi dengan pepohonan rindang.

Kamu juga bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk liburan di sini sambil bermain dan duduk santai di tempat duduk atau di atas rumput hijau. Selain dikenal sebagai tempat wisata keluarga yang bernuansa alam, taman terbesar di Kota Solo ini juga menjadi tempat pameran karya seni. Salah satu ikon Taman Balekambang ini adalah patung Partinah Bosch.

Kamu tidak perlu merogoh kocek mahal untuk memasuki kawasan wisata ini, cukup dengan membayar biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan jika ingin menyewa fasilitas seperti kapal yang ada di sini kamu harus membayar Rp 10.000. Pastikan kamu datang sekitar pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB untuk dapat masuk ke tempat wisata ini.

Lokasi: Jalan Balekambang, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Bendungan Colo

Tempat wisata instagramable di Solo yang satu ini sangat cocok buat kamu yang suka hunting foto. Selain berfungsi sebagai pengontrol laju air, tempat ini juga banyak dimanfaatkan sebagai tempat wisata apalagi ketika kondisi airnya sedang surut.


Deretan beton yang menarik terlihat dengan jelas dan sangat eksotis sehingga sering dijadikan spot menarik untuk berfoto. Selain menjadi spot foto favorit, tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk memancing.

Tidak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata ini alias gratis. Jika ingin datang berkunjung ke Bendungan Colo, kamu pun bisa datang setiap hari dan jam berapapun karena tempat ini buka selama 24 jam.

Lokasi: Pengkol, Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

***

Ketika berkunjung ke tempat wisata alam, maka sudah menjadi kewajiban para wisatawan untuk turut menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan agar keasrian alamnya tetap terjaga. 

Wisata Solo yang bernuansa alam pun bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin refreshing. Kalau kamu suka dengan artikel ini, langsung bagikan saja di media sosial agar lebih banyak orang yang tahu tentang wisata Solo!

Deskripsi: Liburan ke Kota Solo ternyata tidak hanya sebatas berlibur ke tempat-tempat sejarah dan budaya yang ada di pusat kotanya saja. Kota yang dikenal sebagai kota budaya ini juga memiliki wisata Solo yang bernuansa alam. Kamu bisa mencari udara segar sambil menikmati pemandangan alam yang ada untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

You Might Also Like

0 comments