Asi Istimewa Bersama Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

  • Wednesday, September 02, 2020
  • By Amelia Pratami
  • 20 Comments

Abira Miona Azzahra namanya kami berikan. Miona, anak perempuan kami lahir dimasa pandemi. Hari Jumat, 31 Juli 2020 adalah tanggal yang dipilihnya untuk lahir kedunia ini melalui caesarean section. Bayi mungil yang tangisannya sangat kuat saat lahir, alhamdulillah dalam keadaan sehat dan sempurna. Suatu kebahagiaan bagiku dan suami serta keluarga Miona hadir ditengah-tengah pandemi yang menakutkan.


Hamil saat pandemi merupakan pengalaman yang luar biasa. Aku harus extra berhati-hati menjaga kandunganku karena virus Covid-19 tak memandang bulu. Aku tak bisa leluasa untuk melakukan berbagai hal dalam mendukung kehamilanku, seperti kontrol kehamilan dan senam hamil. Aku harus menggunakan masker, mencuci tangan dan membawa hand-sanitizer kemana-mana agar terhindar dari paparan virus.

Hingga suatu hari jadwal kontrol kehamilanku sudah terlewat dan vitamin dari dokter juga sudah habis. Tapi kondisi pandemi mengharuskanku untuk stay di rumah. Melalui aplikasi chatting, dokter kandunganku memberikan resep supplement kehamilan yang harus aku konsumsi selama pandemi tanpa perlu mengunjungi dokter kandungan dalam beberapa saat. 

Dokter meresepkan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang memiliki kandungan lengkap 17 Nutrisi Esensial. Supplement ini membantu penuhi nutrisiku sehingga nantinya aku dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dapat dengan mudah aku beli di official store Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee.


Tujuh bulan lamanya aku mengonsumsi supplement Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selama kehamilan. Dengan harapan anakku dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna dan sebagai ikhtiar untuk mempersiapkan asi yang berkualitas bagi Miona.

Namun, ternyata menyusui tak semudah bayanganku. Karena lahir melalui operasi caesar, Miona tidak langsung diberikan kepadaku untuk melakukan IMD. Miona lalu dikenalan dengan dot dan susu formula oleh perawat sehingga Miona bingung puting saat aku susui dihari ketiga kelahirnnya. Padahal payudaraku sudah terasa penuh oleh air susu, sampai terasa nyeri saat tersentuh.

Miona menangis saat puting payudaraku didekatkan kemulutnya. Miona yang kehausan tidak mampu melekatkan mulutnya di puting payudaraku dengan sempurna. Dia terus menangis tanpa henti. 

Aku dan suami yang baru saja menjadi orangtua merasa sangat bingung. Berbagai posisi menyusui sudah aku terapkan tetapi Miona tetap rewel karena kehausan. Pun putingku sudah lecet dan berdarah-darah karena pelekatan Miona yang tidak sempurna. Akhirnya dengan terpaksa aku memberikan susu formula kembali, agar Miona tetap terhidrasi.


Hingga hari ke enam kelahirannya, payudaraku terasa sangat nyeri dan penuh. Seperti ada gumpalan didalam payudara yang membuat tubuhku terasa meriang. Tidak tahan dengan nyerinya, aku menghubungi konselor laktasi untuk meminta pertolongan. 

Tak lama, konselor laktasi datang kerumah dan memijat payudaraku. Beliau juga memberikan edukasi bagaimana menyusui bayi dengan benar dan nyaman. Namun tetap saja Miona menangis saat aku mencoba menyusuinya. Miona seperti tidak sabar karena aliran susu dari dot terasa lebih cepat daripada aliran susu di payudaraku. 

Menyiasatinya, aku membeli pompa asi manual untuk mengeluarkan asiku yang meluber. Lalu asi perah itu aku berikan kepada Miona dengan media dot juga. Itu merupakan kesalahan yang membuat Miona semakin tidak mau menyusu langsung. 

Sampai akhirnya asiku semakin sedikit, karena tidak ada stimulasi langsung dari mulut Miona. Akupun semakin malas memerah payudara karena menggunakan pompa manual cukup membuat lelah. Setiap memerah payudara, volume asi semakin berkurang. Susu formula pun terus-terusan menjadi penyelamat Miona yang tengah kehausan.

Namun aku sadar, asi adalah makanan dan minuman terbaik yang diciptakan Tuhan untuk anakku. Aku bertekad untuk terus memberinya asi meskipun saat itu asiku sudah sangat sedikit. Karena ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Setiap memerah kedua payudara selama 30 menit hanya mendapatkan sekitar 30ml saja. Padahal saat  Miona lahir asiku sangat melimpah.

Akupun mencari cara bagaimana asiku bisa terus mengalir dan aku bisa lancar menyusui meskipun Miona tak menyusu langsung. Lalu teringat dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang sudah aku konsumsi dari masa kehamilan dan membuat asiku melimpah saat Miona lahir. Tidak menunggu lama, akupun langsung mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dua kali sehari. 

Kapsulnya berwarna coklat kehitaman, mudah ditelan meskipun ukurannya cukup besar. Kapsulnya juga tidak berbau amis dan tidak membuat mual meskipun mengandung fish oil yang mengandug DHA tinggi. Aku sangat nyaman mengonsumsinya saat hamil dan saat menyusui seperti saat ini.




Aku juga tetap mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi asi seperti sayur bayam, daun katuk, dan pepaya. Aku lalu meng-upgrade pompa asiku dengan pompa elektrik agar aku semakin nyaman dalam melakukan pumping.


Akhirnya, sedikit demi sedikit produksi dan volume asiku meningkat. Dari 30ml per sekali pompa, naik ke 50ml, lalu sekarang berada ditahap 80ml setiap kali pompa dalam durasi 10 menit untuk kedua payudara. Asi perahku terlihat lebih kental daripada sebelumnya. 


Warnanya yang putih kekuninan menandakan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Miona selalu meminum asi berkualitas dengan lahap walaupun Miona tidak menyusu langsung melalui payudaraku. Namun rasa cinta dan kasihku takkan pernah berkurang kepadanya. 

Saat ini yang terpenting bagiku adalah Miona bisa minum asiku dengan cukup tanpa memaksa miona menyusu langsung melalui payudara. Ini adalah pilihan yang akhirnya aku dan suami pilihkan untuk Miona. 


Nutrisi Bagi Ibu Menyusui

Meskipun aku adalah ibu menyusui dengan exclusive pumping, bukan berarti aku tidak memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuhku. Karena bagaimanapun apa yang aku konsumsi akan diolah tubuh untuk menjadi asi. Sehingga aku tidak bisa sembarangan makan selama proses menyusui, persis seperti masih mengandung. 

Aku menghindari kafein dari teh dan kopi karena dapat membuat Miona terjaga lebih lama dan lebih rewel dari biasanya. Untuk menambah nutrisi, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selalu menjadi andalanku. Karena selain volume asi semakin meningkat, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold juga membuat asiku semakin kental. 

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold mengandung dosis yang sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan ibu hamil & menyusui di Indonesia. 17 kandungan nutrisi esensial dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold  antara lain asam folat dan zat besi yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.  

Juga mengandung Omega 3/DHA yang penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya. Semua kebaikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold mendukung perkembangan bayi pada masa 1000 hari pertama kehidupan.


Menjadi exclusive pumping mama bukan hal yang mudah. Karena jujur saja, melakukan pumping terasa lebih repot karena banyak hal yang harus aku persiapkan. Mencuci botol dan sterilize botol dan perlengkapan pumping adalah keseharianku saat ini. Memerah asi dua jam sekali, bahkan terjaga ditengah malam untuk memerah payudara juga merupakan rutinitasku demi Miona mendapatkan asi yang berkualitas

Kalbe Blackmores Nutrition 

Kalbe Blackmores Nutrition berkomitmen untuk mendukung pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui dan pentingnya 1000 hari pertama dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Kalbe Blackmores Nutrition berupaya membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup. Dan bekerjasama dengan Yayasan Bumi Sehat Foundation, Kalbe Blackmores Nutrition membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua kepada ibu hamil dan menyusui.

Dan dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020 pada bulan Agustus ini,  Kalbe Blackmores Nutrition bersama blogger yang pernah atau sedang menyusui, memberikan serangkaian edukasi di media sosial bagi sesama ibu hamil dan menyusui mengenai pentingnya ASI dan masa menyusui serta pemenuhan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi.

***

Perjuanganku sebagai exclusive pumping mama masih terus berlanjut. Harapanku bisa terus memberikan Miona asi hingga usianya 2 tahun nanti. Bersama Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, aku yakin asiku akan semakin berkualitas dan kuantitasnya pun akan semakin bertambah setiap harinya. 

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa dengan mudah dibeli melalui ecommerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store, atau bahkan di apotek terdekat. Lebih lanjut tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa di cek langsung melalui website di https://www.blackmores.co.id/mom-and-baby/ dan melalui official Instagram Blackmores Indoneia di @blakmoresid.

You Might Also Like

20 comments

  1. Asupan makanan yang bergizi serta minum multivitamin bikin menyusui jadi lancar ya kak

    ReplyDelete
  2. Dokternya sampai merekomendasi Blackmores ya berarti memang mumpuni nh. Bisa juga nanti saya rekomendasiin ke sanak saudara.

    ReplyDelete
  3. Hello, Miona sayang ... Welcome to the world ya, Nak. MasyaAllah, kamu lahir di masa pandemik begini. Kebayang deh gimana dag dig dug rasa hati ibundamu saat itu. Alhamdulillah ya, lahir sehat dan sempurna.

    Ayo minum ASI yang banyak ya. Biar ASI Ibunda semakin lancar untukmu. Ibunda sudah konsumsi Blackmores tuh biar Miona terus bisa minum ASI, tumbuh semakin sehat dan kuat.

    Peluk cium buat Mionaaaa ...

    ReplyDelete
  4. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG)jadi solusi untuk ibu agar lebih meudah menyusui sehingga gizi anak lewat ASI terpenuhi

    ReplyDelete
  5. Tantangan menjadi seorang ibu menyusui ini memang luar biasa ya. Dan setiap orang akan punya pengalamannya masing-masing.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih informasinya coba saya share ke beberapa teman saya yang saya yakin bakal bermanfaat banget karena sangat berguna

    ReplyDelete
  7. Blackmores terkenal dekat dengan ibu hamil dan menyusui ya karena nutrisi yg dikandungnya memang dibutuhkan sekali oleh mereka. Jika berkesempatan hamil dan menyusui saya tidak akan melupakan Blackmores juga

    ReplyDelete
  8. perjalanan menyusui itu memang perjuangan banget ya dan banyak cerita, sekarang enak ya ada blacmores utk bantu buibu mencukupi nutrisi dan kecukupan asi untuk si baby

    ReplyDelete
  9. Bagus yaa suplemen ini mom, temenku banyak yang pakai dan cocok juga. Kalau aku hamil mau coba juga hehe

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah dede Miona bisa mendapatkan ASI berkualitas berkat mama Amel yang cerdas mengASIhi bareng blackmores. Sehat terus ya dede.

    ReplyDelete
  11. Tantangan banget ya hamil dan menyusui di masa pandemi begini. Sehat-sehat selalu ya, Mel.

    ReplyDelete
  12. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sejak lama paling istimewa untuk ibu dan bayi istimewa

    ReplyDelete
  13. Bagus ya Blackmores ini. temenku banyak nih yang pake. Andai dulu saat masa-masa hamil dan menyusui 4 anakku udah tahu Blackmores, pasti aku konsumsi juga. Bikin kita bisa punya asi berkualitas. Asi jadi lancar, anak pun sehat ya

    ReplyDelete
  14. Asi adalah hak setiap bayi
    Terima kasih para ibu istimewa yang sudah berusaha berjuang menyediakan asi

    ReplyDelete
  15. Waduh, bagaimana rumah sakit bisa seceroboh itu memberikan dot ke bayi yang baru lahir...
    Kalau payudara penuh saat awal memang tersiksa, beberapa malah sampai bikin badan gemreges seperti diguyur air es

    ReplyDelete
  16. Menyusui tuh hal yang paling indah, ya mba. apalagi jika ASI-nya banyak, wah ibu akan sangat happy dan anak juga kenyang. untung banget ada blackmores sebagai booster ASI nih. sehat selalu mba dan si buah hati juga.

    ReplyDelete
  17. ibu istimewa harus memberikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup pada bayi agar bayinya juga istimewa ya mba ... blackmores memang ngebantu ibu2 banget lah.

    ReplyDelete
  18. Miona 😘
    Sehat terus ya Amel dan Miona. Semoga Asinya terus ada dan mencukupi Miona. Asupan dari Blackmores sudah ok tuh. Semangat mengASIhi, Mel 😍

    ReplyDelete
  19. Tetep semangat mbak, setiap perjuangan menyusui itu hasilnya akan terlihat beberapa tahun lagi melalui kecerdasan & keaktifan anak. Untung ada Blackmores yang support ya sbg suplemen

    ReplyDelete
  20. Sesuatu ya klu seorang mom mau menyusui baby. Butuh perjuangan dan usaha. Apalgi bila ASI tdk lncar sprti yg diharapkn. Dgn Blackmores bisa diatasi ya mb untyk pemenuhn nutrisi ibu agar bisa MengASIhi si kecil baby Miona yg cantik...

    ReplyDelete